Demi Raih Prestasi di Piala Sudirman 2017, Pelatih Sektor Ganda Putri Pantau Ketat Pola Makan Atlet

Eng Hian mengaku sempat meminta kepala asrama putri pelatnas PBSI untuk melakukan inspeksi mendadak ke kamar-kamar atletnya guna mengawasi konsumsi...

Demi Raih Prestasi di Piala Sudirman 2017, Pelatih Sektor Ganda Putri Pantau Ketat Pola Makan Atlet
badmintonindonesia.org
Greysia Polli/Nitya Krishinda Maheswari 

TRIBUNJATIM.COM - Kepala pelatih sektor ganda putri Pelatnas Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Eng Hian memantau ketat pola makan atlet-atletnya demi prestasi dalam kejuaraan Piala Sudirman 2017 yang akan berlangsung di Gold Coast, Australia, pada 21-28 Mei mendatang.

"Saya sudah meminta para atlet untuk mengurangi karbohidrat dan memperbanyak protein. Mereka juga telah memahami untuk menjaga pola makan agar daya tahan semakin meningkat dan mengurangi risiko cedera," ujar Eng Hian, Sabtu (13/5/2017).

Baca: Tim Garuda Berhasil Kalahkan Tim Elang, Berikut Hasil Simulasi Piala Sudirman

Eng pun menambahkan jika ia meminta para atletnya untuk mengganti makanan berkarbohidrat tinggi seperti nasi putih dan roti dengan umbi-umbian yang telah direbus serta nasi merah.

"Namun pada hari ketika latihan daya tahan, saya minta para atlet untuk memperbanyak makanan karbohidrat sebelumnya, termasuk nasi dan roti," jelas Eng Hian.

Eng Hian mengaku sempat meminta kepala asrama putri pelatnas PBSI untuk melakukan inspeksi mendadak ke kamar-kamar atletnya guna mengawasi konsumsi makanan atlet.

"Ketika kepala asrama melakukan sidak, dia menemukan banyak makanan ringan yang ada di kamar-kamar atlet. Saya memintanya untuk menyita makanan itu. Sekarang para atlet sudah paham kebutuhan untuk menjaga makanan mereka," kata mantan atlet ganda putra itu.

Baca: Susah Payah Kalahkan Watford, Chelsea Unggul 4-3

Eng masih memperbolehkan atlet-atlet asuhannya tersebut untuk mengonsumsi makanan ringan namun dengan porsi terbatas.

"Mereka hanya sesekali makan makanan berbumbu masak agar tidak bosan," katanya.

Halaman
12
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved