Awas, Produk Kecantikan Ilegal Banyak Beredar dan Dijual di Supermarket

Tim gabungan akan terus melakukan razia di sejumlah tempat. Namun jadwal dan tempat dirahasiakan.

Awas, Produk Kecantikan Ilegal Banyak Beredar dan Dijual di Supermarket
SURYA/HAYU YUDHA PRABOWO
Tim gabungan memeriksa produk dalam razia makanan dan minuman di Giant Supermarket, Karanglo, Kabupaten Malang, Rabu (14/6/2017). Razia untuk melindungi konsumen terhadap peredaran makanan dan minuman berbahaya serta kebutuhan pokok lainnya ini ditemukan sejumlah kosmetik yang tidak berijin dan kemasan rusak. 

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Tim Pengawasan Obat, Makanan, Kosmetik dan Alat Kesehatan (OMKA) gabungan menggelar razia barang-barang di supermarket Giant yang berada di pertigaan Karanglo, Karangploso, Rabu (14/6/2017).

Tim gabungan terdiri dari Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Malang, Dinas Pertanian Kabupaten Malang, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Malang, Polres Malang, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) dan Satpol PP. 

Mereka akan terus melakukan razia di sejumlah tempat. Namun jadwal dan tempat dirahasiakan.

Dalam razia di Giant itu, petugas menemukan sebuah produk kecantikan tanpa nomor izin registrasi BPOM.

Peroduk itu bernama Victoria. Informasi di lapangan, produk itu merupakan varian baru yang diedarkan tanpa didaftarkan terlebih dahulu di BPOM Jatim.

"Yang mengeluarkan izin itu BPOM, tapi kewajiban produsen untuk mendaftarkan," ujar Wakapolres Malang Decky Hermansyah di lokasi, Rabu (14/6/2017).

Baca: Lakukan Razia, Petugas Curiga dengan Lemari Pakaian di Warung, Astaga Isinya Ternyata . . .

Selain itu juga ada produk Giant Baby dan Tiger Balm yang kemasannya rusak.

Decky menegaskan, meskipun sasarannya adalah barang yang sudah kadaluarsa, namun petugas juga tetap menindak jika ditemukan barang di luar ketentuan seperti kemasan rusak.

"Kami minta tolong juga kepada masyarakat membantu untuk melaporkan jika menemukan," urai mantan Kapolsek Singosari itu.

Halaman
12
Penulis: Benni Indo
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved