Tes Bahasa Arab Berstandar Internasional Ternyata Digelar di Kampus ini

Tes yang diadakan secara perdana ini juga merupakan pilot project di Indonesia.

Tes Bahasa Arab Berstandar Internasional Ternyata Digelar di Kampus ini
SURYA/NENENG USWATUN HASANAH
Kegiatan tes kemampuan Bahasa Arab terstandarsasi internasional di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Rabu (14/6/2017). 

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - UIN Maulana Malik Ibrahim terpilih sebagai penyelenggara tes kemampuan Bahasa Arab terstandarsasi internasional di Indonesia.

Tes yang diadakan secara perdana ini juga merupakan pilot project di Indonesia.

Tes tersebut berbeda dari tes standar bahasa arab yang dikenal dengan Test of Arabic as Foreign Language (TOAFL). Hal itu dikarenakan TOAFL diselenggarakan oleh tiap-tiap kampus yang memiliki program Bahasa Arab.

"Serta tidak mengakomodir kemampuan berbicara," jelas Koordinator tes untuk Indonesia, Ahmad Makki Hasan, Rabu (14/6/2017), di Malang.

Ia menjelaskan, tes itu diikuti oleh 450 peserta dari seluruh Indonesia. Tes tersebut diadakan mulai Senin (12/6/2017) hingga Rabu (14/6/2017).

"Bersyukur UIN Maliki dianggap mumpuni sebagai penyelenggara pilot project," tuturnya.

Baca: Dihadapan Ribuan Kalangan Intelektual, Yusuf Mansur Ajak Akademisi Muslim Dalami Al Quran

Tes standarisasi itu diselenggarakan oleh Saudi Electronic University (SEU) dan mengukur kemampuan Bahasa Arab secara keseluruhan.

Seperti aspek linguistik dalam Bahasa Arab, yaitu sintak, morfologi, semantik, dan leksikologi Arab, hingga tes berbicara Bahasa Arab yang belum pernah ada dalan tes lainnya.

"Lengkapnya, ada lima kompetensi yang dinilai, yaitu ketrampilan menulis, ketrampilan berbicara, ketrampilan membaca, ketrampilan mendengarkan, dan ketrampilan berbahasa. Masing-masing kompetensi yang dinilai itu memiliki porsi penilaian masing-masing rata 20 persen," ungkapnya.

Halaman
12
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved