Penipuan Bermodus Nasabah Kredit Fiktif, Pegawai KSP Kertosono Gondol Rp 1, 8 Miliar

Unit Reskrim Polsek Kertosono akhirnya tuntas membongkar praktek kejahatan penggelapan uang bermodus nasabah fiktif milik Koperasi Simpan Pinjam (KSP

Penipuan Bermodus Nasabah Kredit Fiktif, Pegawai KSP Kertosono Gondol Rp 1, 8 Miliar
Surya/Mohammad Romadoni
Kapolsek Kertosono Komisaris Polisi (Kompol) Abraham Sissik mengamankan tersangka Kusyono. 

 TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - Unit Reskrim Polsek Kertosono akhirnya tuntas membongkar praktek kejahatan penggelapan uang bermodus nasabah fiktif milik Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Setia Bhakti dengan total kerugian Rp 1, 8 miliar.

Polisi menangkap otak kejahatan bernama Kusyono (41) warga Tanjung Tani Prambon, Kabupaten Nganjuk di depan SBPU di Jalan Panglima Sudirman Kertosono, Kamis (6/7/2017).

Tersangka merupakan pimpinan KSP Setia Bhakti yang berada di Jalan Papaya Nomer 45 Kertosono, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Sebelumnya, polisi telah menangkap Rusdiono yang proses hukumnya kini sudah tahap P21. Dia adalah anak buah tersangka yang berperan menjadi petugas survey lapangan KSP tersebut.

Kapolsek Kertosono Komisaris Polisi (Kompol) Abraham Sissik menjelaskan modus yang dilakukan tersangka yakni merekayasa nasabah kredit untuk diajukan menjadi nasabah kredit fiktif.

Caranya, tersangka yang memiliki wewenang merekrut, mensurvei dan merealisasikan sekaligus menarik angsuran pinjaman dari nasabah sampai lunas itu membuat kartu nasabah kredit fiktif dengan mencantumkan nama orang lain tanpa meminta izin terlebih dahulu.

Untuk lebih menyakinkan lagi, tersangka mengisi jaminan pinjaman pada kartu nasabah kredit dengan BPKB kendaraan bermotor abal-abal.

Bahkan tersangka mencatunmkan sertifikat tanah milik orang lain sebagai jaminan kredit. Padahal surat itu masih menjadi jaminan di dalam bank.

"Kartu nasabah itu lalu diberikan ke kasir KSP Setia Bhakti untuk pencairan dana kredit," ujar Kompol Abraham Sissik.

Menurut dia, ada 104 kartu nasabah fiktif yang dibuat oleh tersangka dengan nilai kredit bervariatif. Adapun besarnya pinjaman mulai dari Rp 5.000.000 sampai yang paling besar Rp 80.000.000.

Halaman
12
Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved