Pemkab Malang Resmi Gelar Manasik Haji, Diikuti 1.786 CJH

Pemkab Malang bersama Kementerian Agama resmi mulai melaksanakan bimbingan manasik haji kepada 1.786 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Malang.

Pemkab Malang Resmi Gelar Manasik Haji, Diikuti 1.786 CJH
Surya/Achmad Amru Muiz
Para CJH asal kabupaten Malang mendengarkan bimbingan manasik haji yang disampaikan oleh pemateri dari Kemenag Jawa Timur di Pendopo Kabupaten Malang, Rabu (12/7). 

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Pemkab Malang bersama Kementerian Agama resmi mulai melaksanakan bimbingan manasik haji kepada 1.786 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Malang.

Kegiatan manasik haji tersebut selain memberikan materi tentang haji, juga materi tentang peraturan haji, menjaga kesehatan selama menunaikan ibadah haji, dan sebagainya.

Bupati Malang, H Rendra Kresna mengatakan, bimbingan manasih haji kepada para CJH sangat penting. Dimana aturan-aturan haji yang ada harus diikuti dan tidak boleh dilanggar. Dengan demikian bimbingan manasih haji harus betul-betul dipahami dan dimengerti oleh CJH untuk kelancaran dalam menunaikan ibadah haji.

"Kami berharap tidak ada CJH yang merasa bisa dan menganggap sepele aturan. Karena di Mekkah munculnya persoalan diluar perkiraan datangnya tiba-tiba," kata Rendra Kresna saat membuka pelaksanaan Manasih Haji bagi CJH asal Kabupaten Malang, Rabu (12/7/2017).

Pemkab Malang, menurut Rendra, akan senantiasa berupaya memberikan bantuan yang terbaik agar para CJH asal Kabupaten Malang dalam melaksanakn haji tidak mengalami kendala dan persoalan. Yakni berangkat dengan jumlah sama maka ketika pulang bisa sama jumlahnya.

Baca: Kloter Kediri Berangkat 27 Juli, 1.244 Calon Jemaah Haji Digembleng Khusus di Tempat ini

"Untuk itulah, kami berharap seluruh CJH asal Kabupaten Malang menjaga kesehatan dan mematuhi semua aturan haji di Mekkah," ucap Rendra.

Memang, diakui Rendra, 1.786 CJH asal Kabupaten Malang merupakan orang-orang terpilih dari jumlah penduduk Kabupaten Malang mencapai 4 juta jiwa yang dipanggil oleh Allah SWT ke tanah suci. Dengan demikian CJH harus betul-betul niat menunaikan ibadah haji dengan sebaik-baiknya sehingga ketika pulang menjadi Haji yang mabrur.

"Itulah harapan kami, semoga seluruh CJH asal Kabupaten Malang bisa menunaikan ibadah haji dengan baik dan sempurna, silahkan ditinggal sementara di rumah apa saja yang dimiliki dan persoalan yang dialami untuk menunaikan ibadah haji," tutur Rendra Kresna.

Seperti diketahui, untuk musim haji tahun ini jumlah CJH asal Kabupaten Malang mencapai 1.786 orang. Sebanyak 1.493 CJH masuk dalam Kloter 41, 42, 43, dan 44 berangkat dari Kabupaten Malang. Sebanyak 293 CJH akan berangkat melalui Kloter di Kota Malang.
Rencananya, CJH asal Kabupaten Malang dijadwalkan berangkat ke tanah suci pada tanggal 9 Agustus 2017 sekitar pukul 18.00 WIB. (Surya/Achmad amru muiz)

Penulis: Achmad Amru Muiz
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved