Biaya Pemasangan Paving di Istana Gebang Kota Blitar Telan Dana Rp 2 miliar

Pemkot Blitar terus mempercantik tempat wisata Istana Gebang. Setelah memperbaiki pagar depan, rencananya, Pemkot Blitar akan memasang paving dan toil

Biaya Pemasangan Paving di Istana Gebang Kota Blitar Telan Dana  Rp 2 miliar
Surya/ Samsul Hadi
Seorang warga melintas di depan pintu masuk area parkir wisata Istana Gebang, Kota Blitar, Selasa (19/9). Pemkot Blitar terus menambah fasilitas di tempat wisata sejarah itu. 

 TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Pemkot Blitar terus mempercantik tempat wisata Istana Gebang. Setelah memperbaiki pagar depan, rencananya, Pemkot Blitar akan memasang paving dan toilet di area parkir sebelah barat bangunan Istana Gebang.

Kepala Bidang Pengelola Kawasan Wisata Dinas Pariwisata Kota Blitar, Heru Santoso mengatakan pembangunan paving dan toilet di area parkir akan dilakukan pada 2018. Anggaran pembangunan paving sekitar Rp 2 miliar dari dana alokasi khusus (DAK).

“Rencananya, area parkir akan dipaving mulai depan sampai belakang. Selain itu juga akan membangun toilet di area parkir bagian belakang,” kata Heru, Selasa (19/9).

Selain pemavingan area parkir dan pembangunan toilet, rencananya Pemkot Blitar juga memindah pedagang di Istana Gebang ke sebelah barat area parkir.

Pemkot Blitar sudah membangun stan untuk pedagang di sebelah barat area parkir. Sebagian pedagang juga sudah pindah ke stan di sebelah barat area parkir.

“Tinggal empat pedagang yang belum pindah, tahun depan semua pedagang sudah harus pindah di sebelah barat,” ujar Heru.

Sekarang kondisi area parkir wisata Istana Gebang masih berupa tanah. Saat musim kemarau seperti ini, kondisi area parkir berdebu. Apalagi saat ada kendaraan yang hendak masuk atau keluar, debu di area parkir berterbangan. Padahal di sisi barat area parkir terdapat stan pedagang makanan.

Pembangunan fasilitas di wisata Istana Gebang memang dilakukan secara bertahap. Sejak dikelola Pemkot Blitar, sejumlah fasilitas di Istana Gebang terus ditambah.

Pemkot Blitar juga menyediakan tempat untuk menjual produk UKM di ruang bagian belakang Istana Gebang. Tahun ini, Pemkot memperbaiki pagar depan di wisata Istana Gebang.


Wisata Istana Gebang memang menjadi ikon wisata sejarah di Kota Blitar, selain Makam Bung Karno. Istana Gebang merupakan rumah peninggalan orangtua Presiden pertama RI, Ir Soekarno atau lebih dikenal dengan sebutan Bung Karno. Bung Karno kecil pernah tinggal di rumah tersebut.(Surya/ Samsul hadi)

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved