Ritual di Pesarean Prabu Anom Belum Selesai, Gunungan Buah Sudah Ludes Diserbu

Wanti-wanti pemangku acara agar rebutan gunungan dimulai setelah acara doa penutup sudah berakhir tak digubris. Yang terjadi malah tak terkendali.

Ritual di Pesarean Prabu Anom Belum Selesai, Gunungan Buah Sudah Ludes Diserbu
SURYA/DIDIK MASHUDI
Masyarakat saat rebutan gunungan buah dan polo pendem di Punden Prabu Anom Desa Doko, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Selasa (17/10/2017). 

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Acara bersih Desa Doko di Pesarean Prabu Anom, Kediri berlangsung semarak. Puncak acara ini diwarnai rebutan gunungan buah-buahan, sayuran dan polo pendem, Selasa (17/10/2017).  

Ratusan masyarakat yang menyaksikan prosesi acara semua menunggu rebutan gunungan. Ada dua gunungan yang disiapkan panitia, selain buah dan polo pendem juga ada gunungan jajan pasar dan nasi kotak. 

Sesuai arahan panitia, rebutan dimulai setelah acara doa penutup sudah berakhir. Namun saat doa masih baru berlangsung ratusan masyarakat langsung merangsek mendekati gunungan

Petugas yang berjaga tak kuasa mencegahnya. Hanya dalam tempo singkat, dua gunungan berisi jajan pasar, buah, sayur dan polo pendem ludes jadi rebutan.

Begitu doa berakhir isi gunungan sudah habis diperebutkan masyarakat. 

(Tak Disangka, Penghasil Susu Sapi Terbaik di Jatim Adalah si Krucil ini)

(VIDEO - Pedagang Sayur ini Ciptakan Boneka Bisa Menari Luwes Bak Penari Tayub yang Gemulai)

Kedua gunungan ini diperebutkan semua lapisan warga mulai anak-anak, dewasa, ibu dan bapak. Namun untuk gunungan buah dan sayur paling banyak banyak diincar ibu-ibu. 

Ny Umi (40) malahan mengumpulkan sayuran, buah dan polo pendem satu tas kresek. "Lumayan buat masak dan camilan di rumah," ungkapnya.   

Sementara prosesi bersih desa sendiri diawali dengan kirab dari rumah juru kunci Laminem Joyokromo yang berjarak sekitar 1 Km dari pasarean Prabu Anom. Juga digelar tarian tayub oleh 5 remaja putri.

Halaman
12
Penulis: Didik Mashudi
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved