Breaking News:

Tambang Pasir Kian Marak di Kabupaten Kediri

Saat menyusuri jalan akses menuju ke lokasi galian C tampak debu dari tanah kering itu berterbangan mengaburkan pandangan.

Penulis: Mohammad Romadoni | Editor: Yoni Iskandar
SURYA/MOHAMMAD ROMADONI
Warga menduduki lokasi pengerukkan pasir di Rolak 70 Kecamatan Kunjang, Kabuupaten Kediri, Senin (9/20/2017). 

 TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Hamparan tanaman jagung milik para petani di lokasi galian C Rolak 70 terlihat kering. Kawasan di area sekitar galian C sangat gersang.

Saat menyusuri jalan akses menuju ke lokasi galian C tampak debu dari tanah kering itu berterbangan mengaburkan pandangan.

Terdapat sejumlah titik aktivitas pengerukkan pasir di lokasi Rolak 70 itu. Walaupun sempat mendapat protes dari warga petani aksi penambangan di lokasi itu hingga saat ini masih berlangsung.

Hilir mudik truk-truk pengangkut pasir terlihat keluar masuk silih berganti menuju ke lokasi pengerukkan pasir di Rolak 70. Sudah tak terhitung lagi berapa jumlah truk yang memasuki area galian C itu.

Informasi yang dihimpun area pengerukkan pasir milik Adhi Djojo mempunyai luas lahan dari rekomendasi Balai Besar Wilayah Sungai Brantas (BBWS) seluas 24, 94 hektar dari luas total area galian C sekitar 70 hektar.

Sesuai titik koordinat di Persetujuan Wilayah izin Usaha Pertambangan (WlUP) mempunyai batas waktu selama satu tahun.

Baca: Polisi Bantu Warga Pasang Banner Larangan Tambang Pasir Liar di Kunjang Kediri

Dalam aturan teknis dari BBWS yakni pengelola wilayah sungai hanya mengamankan sistem atau mekanisme pengambilan material dan atau bahan tambang pasir, batu bukan logam yang ada di dalam ruang sungai. Diluar itu, merupakan tanggung jawab dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur selaku pemberi izin.

Seperti yang disampaikan seorang petani terdampak bernama Suyitno (35) warga Juwet pihaknya merasa ada pemaksaan terkati adanya aktvitas pengerukkan pasir. Bahkan, warga petani sempat dijanjikan akan diberi kompesasi yang nyatanya hingga sekarang ini tak kunjung terealisasi. Pihaknya sedah mengadu ke perangkat dan Kepala Desa Juwet namun tidak ada tanggapan malah terkesan cuek.

Baca: Gelar Aksi Demo Dan Gugat Pengelola Rolak 70 Kunjang Kabupaten Kediri Hingga ke KPK

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved