Diduga Karena Korsleting Listrik pada Mesin Cuci, Lantai Dua Ruko di Tegalsari Ludes Dilalap Api

Kebakaran terjadi di sebuah rumah toko (ruko) yang disewakan untuk bisnis travel, Tirta Jaya Travel di Jalan Embong Gayam

Diduga Karena Korsleting Listrik pada Mesin Cuci, Lantai Dua Ruko di Tegalsari Ludes Dilalap Api
Istimewa
Petugas dari PMK memecah kaca di sebuah sudut ruangan lantai dua guna keperluan memasukkan selang air dan jalan utama dalam melakukan pembasahan. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sundah Bagus Wicaksono

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Kebakaran terjadi di sebuah rumah toko (ruko) yang disewakan untuk bisnis travel, Tirta Jaya Travel di Jalan Embong Gayam, Tegalsari, Surabaya, Selasa (7/11/2017) sekitar pukul 20.30 WIB.

Api melalap sebagian perabotan rumah tangga yang berada di lantai dua ruko.

Dari keterangan Eko (29), penjaga ruko yang sekaligus menjadi saksi peristiwa mengatakan, api berasal dari mesin cuci yang rusak.

(Yuk Ikut Meet and Discuss Film Negeri Dongeng Bareng Ekspeditor Aksa 7 dan Film Maker, Gratis Lho)

"Mesin cuci yang terbakar memang kondisinya sudah rusak, namun masih bisa dipakai. Dari sinilah awal mula kebakaran, tiba-tiba saja saya mencium seperti ada orang yang bakar-bakar, saat saya tengok ke belakang tidak tahunya api sudah membesar dan meledak-ledak," ujarnya kepada TribunJatim.com saat ditemui di lokasi pasca kebakaran, Selasa (7/11/2017) sekitar pukul 21.00 WIB.


Mengetahui hal tersebut, Eko segera meminta bantuan warga sekitar untuk memadamkan api sembari menunggu petugas dari pemadam kebakaran (PMK) tiba setelah dihubunginya.

Selanjutnya sekitar enam unit mobil PMK dari Pos Balai Pemuda satu unit, Pos Grudo satu unit, dan Pos Pasar Turi empat unit tiba untuk membantu melakukan pembasahan.

(Bukannya Senang, 7 Taman Hiburan di Dunia Ini Malah Bikin Seram, Berani ke Sini?)

Di lain hal, dari keterangan Kasi Pencegahan Bidang Operasional Damkar Surabaya, Sukarno saat melakukan olah TKP, titik api terjadi diduga karena korsleting listrik.

"Sumber api diduga berasal dari korsleting listrik yang bersumber pada tiga mesin cuci yang rusak, kemudian meledak dan api menyambar," pungkasnya.

Si jago merah melahap hampir separuh ruangan di lantai dua ruko serta menghanguskan peralatan rumah tangga yang ada di dalamnya.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, sebab api hampir bisa dipadamkan secara keseluruhan oleh warga sekitar.

(Mulai November 2017, Anggota DPRD Surabaya Terima Tunjangan Transportasi)

Penulis: Sundah Bagus Wicaksono
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved