BPBD Kota Batu Siaga di Musim Hujan

Selain mempersiapkan SDM, BPBD juga mempersiapkan bahan logistik yang siap disalurkan untuk membantu warga yang tertimpa musibah.

BPBD Kota Batu Siaga di Musim Hujan
Surya/Sany Putri Eka
HUja deras guyur Kota Batu, menyebabkan amblesnya jalan jalibar. 

 TRIBUNJATIM.COM, BATU - Memasuki musim hujan, BPBD Kota Batu menaruh siaga penuh sepanjang hari.

Tim Reaksi Cepat (TRC) yang biasanya berjumlah tiga orang, kini ditambah hingga berjumlah 10 orang dan siap melayani masyarakat 24 jam.

Hal itu dikemukakan Kasi Kedaruratan dan Logistik Achmad Choirurohim (38) saat dihubungi Surya, Sabtu (25/11/2017).

Selain mempersiapkan SDM, BPBD juga mempersiapkan bahan logistik yang siap disalurkan untuk membantu warga yang tertimpa musibah.

Bahan logistik berupa makanan itu juga dipasok dari Dinas Sosial Kota Batu dan BPBD Jawa Timur.

Rohim juga menjelaskan kalau BPBD Kota Batu melakukan koordinasi dengan Dinas PU dan Lingkungan Hidup.

“Kami koordinasi dengan teman-teman PU dan DLH terkait luapan air di saluran drainase yang berpotensi mengakibatkan banjir,” ujar Rohim, Sabtu (25/11/2017).

Rohim menjelaskan, potensi longsor dan banjir memang mengancam di Kota Batu saat musim hujan tiba. Titik yang rawan longsor di antaranya adalah kawasan Payung, kemudian di kawasan Sumber Brantas. Warga di kawasan itu diminta untuk selalu waspada.

Pasalnya, potensi longsor yang besar berada di kawasan pemukiman rumah warga. Sedangkan di kawasan pinggir jalan tidak begitu besar potensinya. Petugas telah memasang sebuah alat pemantau pergerakan tanah di kawasan Sumber Brantas.

Kata Rohim, jika ada pergerakan tanah sepanjan 1 Cm, maka alat tersebut akan berbunyi. Ada tiga sirine yang memiliki bunyi berbeda. Jika pergeseran tanah sudah sepanjang 3 cm, sirine yang berbunyi berbeda, pun saat bergeser sepanjang 5 cm.

Halaman
123
Penulis: Benni Indo
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved