Natal dan Tahun Baru

Jika Terjadi Macet Total Libur Natal dan Tahun Baru, Tol Solo - Kertosono Akan Difungsikan

Rencananya, jalan Tol Solo-Kertosono yang hingga saat ini belum seratus persen selesai akan dipakai sebagai jalan darurat

Jika Terjadi Macet Total Libur Natal dan Tahun Baru, Tol Solo - Kertosono Akan Difungsikan
dok PT Waskita Karya
Progress pembangunan Tol Solo-Kertosono 

 TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - Untuk menjamin kelancaran lalu-lintas selama libur Natal dan Tahun Baru 2017, Satlantas Polres Madiun telah menyiapkan jalur alternatif.

Rencananya, jalan Tol Solo-Kertosono yang hingga saat ini belum seratus persen selesai akan dipakai sebagai jalan darurat apabila terjadi kemacetan.

Hal itu disampaikan, Kapolres Madiun AKBP I Made Agus Prasetya kepada wartawan usai gelar pasukan Ops Lilin Semeru 2017 Kamis (21/12/2017).

"Untuk mengantisipasi kemacetan kami telah berkoordinssi dengan pengembang agar jalan tol difungsikan sementara, supaya mengurai arus agar masuk jalan tol lewat Saradan. Itu alternatif terakhir jika memang macet total ," katanya.

Kerawanan macet, biasanya terjadi di Jalan Raya Saradan mulai Wilangan Nganjuk hingga masuk Kota Caruban sepanjang sekitar 15 KM. Selain jalan sempit, penyebab kemacetan yakni adanya palang perlintasan rel Kereta Api.

"Selain dikarenakan jalan sempit, juga disebabkan adanya perlintasan rel kereta api," kata Made.

Kapolres menuturkan, pada pengamanan Natal dan Tahun Baru 2018, pihaknya akan menerjunkan 401 personil yang tersebar di berbagai wilayah Madiun Kabupaten. Selain itu juga akan mendirikan pos pengamanan dan pos pantau di titik keramaian.

Pos pengamanan berada di Terminal Caruban, Pos Waduk Widas, dan Wisata Umbul. Sedangkan pos pantau akan di dirikan di daerah Kaligunting, Wadukan, dan Nampu Saradan.

Made menambahkan, dalam Operasi Lilin Semeru 2017 juga dilakukan pemantauan terhadap harga komoditas sembako di pasar dan juga pemantauan terhadap potensi bencana alam.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Madiun AKP Evon Fitrianto mengimbau kepada pengguna jalan agar berhati-hati terutama pada saat kondisi ramai.

Ia juga mengimbau agar waspada di sejumlah titik rawan laka, di antaranya di Jalan Raya Madiun Surabaya, Desa Garon, Balerejo.

"Kami imbau kepada pengendara agar berhati-hati. Kami sudah menyiapkan pos pantau dan tim kesehatan di sejumlah jalur rawan laka," jelas AKP Evon Fitrianto. (Surya/Rahadian bagus)

Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved