Dianggap Pengotor Lingkungan, Siswa MAN Lamongan Ubah Daun Kersen Bantu Petani Tomat

siswa MAN 1 Lamongan berhasil menemukan fungisida dari daun kersen untuk membantu para petani tomat agar lebih sejahtera.

Dianggap Pengotor Lingkungan, Siswa MAN Lamongan Ubah Daun Kersen Bantu Petani Tomat
SURYA/HANIF MANSHURI
Tiga siswa MAN 1 Lamongan, Ahmad Shofiyul Labib, Safira Firda Machsun dan Poppy Rizki Khrisna Arditya menunjukkan penghargaan dari hasil penelitiannya. 

TRIBUNJATIM.COM, LAMONGAN - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Lamongan Jawa Timur patut bangga.

Berkat penelitian dan eksperimen yang dilakukan tiga siswanya pada daun kersen dan menghasilkan fungisida yang dapat membantu petani, lembaga pendidikan yang berdiri di jalan Veteran ini semakin moncer.

Daun kersen yang selama ini dianggap sampah yang sama sekali tidak punya nilai manfaat apapun, ternyata di tangan 3 siswa MAN 1 Lamongan menjadi sesuatu yang mempunyai manfaat tinggi.

Para pelajar ini mampu mengolah daun kersen menjadi fungisida sebagai bahan pengawet buah tomat yang selama ini dikenal gampang membusuk dan berjamur.

Tiga pelajar berotak encer itu adalah Ahmad Shofiyul Labib, Safira Firda Machsun dan Poppy Rizki Khrisna Arditya. Semuanya pelajar kelas XII MAN 1 Lamongan.

Tidak sia-sia ikhtiar yang dilakukan para siswa ini. Berkat daun kersen yang dimanfaatkan menjadi pengawet buah tomat ini, mereka berhasil menyabet juara 1 Lomba karya tulis ilmiah nasional, BISTIC III 2018 yang digelar oleh sebuah perguruan tinggi di Malang.

Salah seorang dari 3 pelajar berprestasi ini, Labib mengatakan, penelitian tentang fungisida dari daun kersen untuk menghambat pertumbuhan jamur dan meningkatkan mutu komoditas tomat pasca panen ini bisa diandalkan para petani.

"Yang kami bertiga lakukan adalah penelitian dan pengujian kandungan daun kersen," ungkap Labib kepada Surya, Jumat (27/1/2018).

Dan luar biasa, yang ternyata dapat dijadikan sebagai fungisida organik untuk buah tomat.

Penasaran bagaiamana cara mengolah daun kersen ? Poppy, siswa yang juga turut dalam penelitian jbi mengungkapkan, proses pembuatan fungisida berbahan daun kersen ini sangatlah mudah.

Halaman
12
Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved