Tahun Baru Imlek

Jelang Imlek, Perajin Barongsai di Sidoarjo Banjir Pesanan

Saking banyaknya orderan, perajin barongsai yang bermarkas di Perumahan Pondok Jati Sidoarjo inipun kewalahan.

Jelang Imlek, Perajin Barongsai di Sidoarjo Banjir Pesanan
Surya/ M Taufik
BARU : Ketua Kelompok Barongsai Dharma Bhakti Julius Setiawan berdiskusi bersama Faris Susanto, pemain paling senior, saat berdiskusi terkait barongsai baru yang akan ditampilkan pada malam Imlek besok. 

 TRIBUNJATIM.COM, SIDOARJO – Selain piawai memainkan barongsai, kelompok barongsai Dharma Bhakti juga bisa membuat barongsai.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, menjelang perayaan Imlek orderan pembuatan barongsai baru pun berlimpah.

Saking banyaknya orderan, perajin barongsai yang bermarkas di Perumahan Pondok Jati Sidoarjo inipun kewalahan.

“Sejumlah pesanan sudah selesai digarap dan sudah dikirim ke pemesannya. Tapi ada satu yang sepertinya baru akan selesai bulan depan. Waktunya tidak mencukupi,” ungkap Julius Setiawan, ketua kelompok barongsai Dharma Bhakti.

Baca: Xiaomi Launching Dua Smartphone Full Screen Display di Pasar Indonesia

“Menjelang imlek kali ini ada lima pesanan. Padahal untuk menyelesaikan satu barongsai saja butuh waktu satu hingga dua minggu. Dan kami bersyukur, lima-limanya sudah terkirim. Tapi ada satu pesanan yang tidak bisa kami layani untuk selesai saat Imlek ini. Kemungkinan baru bulan depan terselesaikan,” sambungnya.

Jumlah ini jauh lebih banyak dibanding bulan-bulan biasa yang rata-rata cuma ada satu pesanan pembuatan barongsai setiap bulan.

Termasuk barongsai jenis bebek maupun kucing.

“Kalau jadwal tampil biasanya bukan hanya imlek. Saat perayaan hari kemerdekaan pada bulan Agustus, ketika banyak orang menyunatkan anaknya dan beberapa even lain. Beda dengan pesanan pembuatan barongsai yang rata-rata banyak datang menjelang imlek,” papar anak kedua dari enam bersaudara ini.

Kelompok barongsai yang memesan ke dia juga dari berbagai daerah di Jawa Timur, termasuk Blitar, Pasuruan, Surabaya, Malang dan sebagainya.

Halaman
12
Penulis: M Taufik
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved