Terjerat Kasus Dana Bansos, Ketua DPRD Jember yang Politisi Gerindra Dijebloskan ke Penjara

dana bantaun sosial akhirnya menyeret Ketua DPRD Jember yang juga politisi Gerindra ke pengapnya penjara.

Terjerat Kasus Dana Bansos, Ketua DPRD Jember yang Politisi Gerindra Dijebloskan ke Penjara
SURYA/ERWIN WICAKSONO
Ketua DPRD Jember yakni Thoif Zamroni saat ditahan oleh Kejaksaan Negeri Jember usai ditetapkan sebagai tersangka, Rabu (14/2/2018) sore. 

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Ketua DPRD Jember Thoif Zamroni ditetapkan sebagai tersangka dan langsung ditahan oleh Kejaksaan Negeri Jember, Rabu (14/2/2018) sore.

Penahanan Thoif dilakukan setelah dia diperiksa oleh penyidik Pidusus lebih dari delapan jam atas kasus dugaan korupsi Dana Bantuaan Sosial (Bansos) Kelompok Ternak Tahun 2015.

Langkah itu dilakukan oleh kejaksaan untuk mempermudah jalannya proses penyidikan perkara dana bansos usulan DPRD Jember dengan nilai mencapai Rp 33 miliar.

“Pagi tadi, kita panggil dan kita periksa sebagai saksi, dari hasil penyidikan oleh tim lantas kita gelar ini, kemudian statusnya kita tingkatkan sebagai tersangka,” ujar Kepala Kejaksaan Negeri Jember Ponco Hartanto.

Buat Anggaran Fiktif, Mantan Pejabat Pemkab Kediri Ditahan Kejari

Menang Lotre Sebesar Rp 7,5 Triliun, Wanita Misterius ini Kehilangan Hadiah Gara-gara Hal Sepele

Menurut Ponco, sebelum menahan Thoif yang juga Politisi Partai Gerindra tersebut, penyidik Kejaksaan Negeri Jember telah melakukan penyedikan dan pengumpulan barang bukti-bukti selama setahun.

“Jadi tersangka kita tahan, agar tidak mempengaruhi dan mengintimidasi para saksi dan menghilangkan atau menganti barang bukti,” tegasnya.

Hasil penyidikan kejaksaan di lapangan menunjukkan, modus penyelewengan kasus Bansos Kelompok ternak tersebut dimanfatkan tidak sesuai fungsi serta kegunaannya. Ada dugaan dipotong, serta juga diduga palsu alias fiktif.

Selain itu, ditemukan juga pembentukan kelompok juga tidak sesuai dengan Permendagri No 39 Tahun 2012.

Halaman
12
Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved