Malaysia dan India Garap Paket Wisata Banyuwangi

Lebih dari 300 pelaku pariwisata dalam dan luar negeri berkeliling Banyuwangi selama tiga hari, 20-22 Februari 2018.

Surya/Haorrahman
Para pelaku wisata dari berbagai negara di Asia saat bertemu Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. 

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Lebih dari 300 pelaku pariwisata dalam dan luar negeri berkeliling Banyuwangi selama tiga hari, 20-22 Februari 2018.

Acara bertajuk Osing Travel Mart (OTM) tersebut, menggarap beragam paket pelesir ke daerah ujung timur Pulau Jawa itu dengan tujuan menggaet lebih banyak wisatawan domestik dan mancanegara.

"Ajang ini adalah cara merangkul pelaku usaha wisata. Kita tawarkan experience, mereka merasakan langsung berwisata ke Banyuwangi. Sehingga nantinya mereka bisa mengajak langsung jaringan bisnisnya untuk ke Banyuwangi,” ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Rabu (21/2/2018).

Osing Travel Mart (OTM) yang digelar Bursa Wisata Jatim itu diikuti 321 pelaku usaha, terdiri atas 107 seller dari Banyuwangi sekitarnya dan 214 buyer dalam dan luar negeri.

Baca: Puti Guntur Kunjungi Kampung 3D dan Warna Warni Malang

Dari 214 buyer yang hadir, di antaranya dari India, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Brunei Darussalam. Selain itu, dari wilayah Indonesia lainnya, seperti Manado, Batam, Banjarmasin, Yogyakarta, dan Jakarta.

Seorang peserta dari India, Ramesh Sutaria mengatakan, pihaknya antusias karena ingin mencari lokasi destinasi wisata baru di Indonesia selain Bali dan Jakarta.

Banyuwangi berpotensi berkembang wisatanya karena sangat dekat dengan Bali dan aksesnya mudah. Selain itu, destinasi wisata Banyuwangi cukup beragam.

"Banyuwangi punya Kawah Ijen dengan fenomena api biru, ini sangat menarik untuk dijual. selain itu, kehidupan lokal masyarakatnya juga menarik, saya tadi ke Desa Gintangan dan sejumlah desa lain. Ada homestay berbasis masyarakat. Di sini cocok untuk dikembangkan rural tourism," jelas Ramesh, pemilik Splendid Tours & Travels.

Baca: Lanjutan Dugaan Pelakor, Warga Tidak Pernah Lihat Dendy ke Rumah Nila

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved