Breaking News:

Kikis Kesan Tempat Prostitusi, Gunung Bolo di Tulungagung Mulai Bersolek

Gunung yang selama ini dikenal sebagai lokalisasi kini bersolek menjadi lokasi wisata.

Penulis: David Yohanes
Editor: Mujib Anwar
SURYA/DAVID YOHANES
Gunung Bolo di Tulungagung mulai bersolek menjadi tempat wisata, untuk mengikis kesan sebagai tempat prostitusi dan lokalisasi. 

TRIBUNJATIM.COM, TULUNGAGUNG - GIRI BOLO, demikian tulisan yang kelihatan dari kejauhan, jika akan melintas di Gunung Bolo yang masuk ke Desa Bolorejo, Kecamatan Kauman, Kabupaten Tulungagung.

Gunung yang selama ini dikenal sebagai lokalisasi kelas teri ini, kini bersolek menjadi lokasi wisata.

Gunung Bolo secara luas dikenal sebagai lokasi pemakaman warga Tionghoa. Namun di balik fungsinya sebagai makam, Gunung Bolo menyimpan keindahan. Gunung ini seolah berdiri di tengah permukian.

Tingginya hanya sekitar 200 meter. Namun di sekeliling gunung ini mempunyai pemandangan yang indah. Dari puncaknya kita bisa melihat hamparan sawah hijau yang mengelilingi.

Ke arah timur terlihat permukiman warga hingga ke wilayah kota Tulungagung. Sedangkan ke arah utara terlihat paduan antara sawah, hutan dan Gunung Wilis yang menjulang tinggi.

Di tempat ini sudah dibuat sejumlah gardu pandang untuk menikmati pemandangan, sekaligus berfoto.

Menurut Ketua Kelompok Sadar Wisata Gunung Bolo, Agus Susanto, sebenarnya tempat wisata ini belum sepenuhnya siap.

“Karena banyak pengunjung yang datang, akhirnya dua minggu lalu kami buka. Sementara proses pengembangannya masih berlangsung,” terang Agus, Senin (26/2/2018).

Selain menyajikan pemandangan yang indah, tempat ini juga unik. Karena mengubah lokasi pemakaman menjadi sebuah tempat wisata. Namun menurut Agus, selama ini makam Gunung Bolo tidak pernah ditakuti masyarakat.

Bahkan warga beraktivitas seperti biasa di lokasi ini. Sebagai contoh, pada malam hari pun banyak pekerja seks komersial (PSK) yang beraktivitas.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved