Hadapi Era Revolusi Industri 4.0, Universitas Jember Bakal lakukan ini. . .

Universitas Jember membuat kebijakan untuk menyelenggarakan pembelajaran berbasis e-learning

Hadapi Era Revolusi Industri 4.0, Universitas Jember Bakal lakukan ini. . .
dok/yoni Iskandar
Para Alumni Unej sedang reuni main bola 

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Sebagai persiapan untuk dapat bersaing dalam era revolusi industri 4.0, Universitas Jember membuat kebijakan untuk menyelenggarakan pembelajaran berbasis e-learning, yang secara massif diberlakukan pada seluruh Fakultas dan Program Pascasarjana.

Kebijakan ini diambil sebagai langka maju dalam rangka melakukan percepatan kelembagaan.

Ditemui ketika seusai memberi materi e-learning (8/3/2018), Dr. Akhmad Taufiq, S.S.,M.Pd.
Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M )Universitas Jember menjelaskan.

"Dalam konteks pembelajaran, Unej tidak bisa tidak harus melakukan penyesuaian di era ketika jarak telah dimatikan sedemikian rupa. Semua dosen di setiap fakultas, pasca, dan prodi harus segera melaksanakan pembelajaran berbasis e-learning ini" terang Dr Akhmad Taufiq.

Baca: Polres Trenggalek Tetapkan 3 Tersangka Lagi Pembunuh Tukinem, Kini Jadi 10

Sementara itu ia menilai, pada dua minggu pertama saat ini dosen Universitas Jember 95 persen sudah adaptif, terbiasa dan terintegrasi dalam pembelajaran e-learning.

"Pada dua minggu pertama ini, dapat kita lihat melalui sistem monitoring yang dikembangkan UPT TI Universitas Jember, 95 persen dosen sudah adaptif dan terintegrasi dengan pembelajaran berbasis e-learning ini. Sisanya, sambil sedikit melakukan pembenahan sarana dan prasarana dapat kita tuntaskan di semester berikutnya" paparnya

Taufiq menerangkan bahwa rangkaian pembelajaran ini digelar cukup panjang yakni sejak 8 Februari hingga 7 Maret 2018 di berbagai lokasi di kampus Universitas Jember. Tergetnya fakultas dan program pascasarjana sudah siap terkait e-learning.

Baca: Demo Mahasiswa Tuban Tolak Kedatangan Presiden Jokowi Berakhir Bentrok

"Pada tahap pertama diselenggarakan training of trainer (TOT) e-learning yang dilaksanankan di LP3M pada 8 Februari 2018, kemudian pelatihan e-learning di semua fakultas pada 18-23 Februari 2018, dan ketiga kelengkapan panduan elearning dan template perangkat pembelajaran yang sangat memudahkan, serta masa evaluasi pertama oleh tim LP3M pada 26 Februari-7 Maret 2018," katanya.

Halaman
12
Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved