Peringati HPN ke-72, PWI Lamongan Bikin Desa Wisata Lewat Ribuan 2.400 Pohon Produktif

Cara simpatik dan investasi masa depan dipilih PWI Lamongan memperingati Hari Pers Nasional ke-72.

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Mujib Anwar
SURYA/HANIF MANSHURI
Penanaman pohon produktif secara simbolis oleh Forkopimda Lamongan, dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke 72 di Desa Kendal Kecamatan Sekaran, Sabtu (10/3/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, LAMONGAN - Mempreingati Hari Pers Nasional (HPN) ke-27, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lamongan menggelar bakti sosial.

Yakni, dengan menanam 2.400 pohon produktif dan holtikultura di Desa Kendal Kecamatan Sekaran, Kabupaten  Lamongan, Sabtu (10/3/2018).

Tanam pohon untuk yang kedua kali semenjak berdirinya PWI Lamongan, kali ini difokuskan untuk tanaman produktif meliputi tanaman jambu, sirsak, nangka dan sukun, serta tanaman holtikultura meliputi tanaman cabai, terong dan tomat.

Tanaman produktif dan holtikultura seperti yang disampaikan oleh Ketua PWI Bachtiar Febrianto, sengaja di tempatkan di Desa Kendal, karena sumber Daya Alam (SDA) di desa yang dekat dengan bendung gerak Babat Barage Bengawan Solo ini, sangat mendukung untuk menggerakan wisata alam buatan.

Di desa ini lanjutnya, sangat berpotensi menjadi wisata alam, sehingga tanaman pohon oleh PWI ini di tempatkan di Kendal.

"Kita tanam 2.400 pohon ini sebagai langkah awal kami di PWI mendorong Desa Kendal menjadi Desa wisata," ujarnya.

Selain mendorong desa wisata petik buah, juga agar membangkitkan ekonomi kerakyataan bagi masyarakat, juga sebagai upaya PWI ikut menjaga dan melestarikan alam, dan menjaga cadangan air untuk generasi mendatang.

Tentu niat baik para wartawan dalam mendorong wisata petik buah ini tidak bisa tercapai, kalau tidak didukung semua pihak mulai Pemkab Lamongan, forkopimda, camat bersama muspika, kades, hingga pihak BPDASHL berantas Sampean, yang mensuport sehingga tanam pohon ini bisa dilaksanakan dan berjalan dengan sukses.

Camat Sekaran Yuli mengaku bangga wilayahnya dipilih para wartawan yang tergabung di PWI Lamongan sebagai lokasi penanaman pohon.

Tentu program tanam pohon PWI dengan mendorong desa wisata petik buah, selaras dengan program kami di Kecamatan, semoga kolaborasi ini menjadikan desa Kendal benar-benar menjadi Desa wisata petik buah.

Kehadiran PWI Lamongan lanjutnya, menjadi inspirasi bagi masyarakat Desanya, tentu kehadiran Jurnalis dari berbagai media ini, tidak hanya berhenti sampai disini. Namun akan berkesinambungan dengan kegiatan lain dikemudian hari.

Bupati Lamongan, Fadeli yang hadir bersama Wakil Bupati Kartika Hidayati, Kapolres AKBP Feby DP Hutagalung, Sekda Yuhronur Efendi, dan perwakilan dari Forkopimda dan para kepala OPD.

Menurut Fadeli, dirinya bangga dengan aksi tanam pohon yang dilakukan oleh PWI, karena tanam pohon ini juga bagian dari program pemerintah untuk terus menjaga kelestarian lingkungan.

Apalagi tanaman pohon ini di lokasi yang kaya akan Sumber Daya Alam (SDA), dan sekat dengan Sungai Bengawan Solo.

Air dan SDA ini kiranya dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat, bisa menjadi wisata, potensi lingkungan hidup, kalau tidak ditata dengan baik, akan menjadi musibah.

Tanam pohon oleh PWI ini menurutnya sangat luar biasa, PWI Lamongan sangat peka dengan lingkungan.
Terima kasih khusus buat teman-teman PWI yang punya perhatian luar biasa terhadap lingkungan hidup, dan memberikan manfaat untuk masyarakat.

"Program tanam pohon ini sejalan dengan program yang dijalankan oleh pemerintah daerah, " terangnya.(Surya/Hanif Manshuri)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved