Potensi Miliaran dan Fantastis, Norwegia Gandeng Bumdes Kelola Sampah Laut di Banyuwangi

Lembaga asal Norwegia rela mengucurkan dana pengelolaan sampah laut di Banyuwangi. Astaga potensinya hingga ...

Potensi Miliaran dan Fantastis, Norwegia Gandeng Bumdes Kelola Sampah Laut di Banyuwangi
SURYA/HAORRAHMAN
Tim dari Norwegia saat koordinasi dengan Pemkab Banyuwangi untuk pengelolaan sampah, Kamis (29/3/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Institusi asal Norwegia, Borealis, mengucurkan dana pengelolaan sampah laut di kawasan Muncar, Banyuwangi.

Program ini melibatkan badan usaha milik desa (Bumdes) dengan kalkulasi nilai dari pengelolaan sampah sebesar Rp2,3 miliar per tahun.

Program ini dinamakan STOP. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Pemkab Banyuwangi, dan organisasi nonprofit dunia Systemiq turut bersinergi di program ini.

Perwakilan Borrealis, Andreas Gemes, mengatakan, Banyuwangi adalah program pertama di Indonesia. “Kami antusias melaksanakan program di sini,” kata Andreas, Kamis (29/3/2018).

Sempat Nangis dan Tubuhnya Gemetar, Mahasiswi Unisma ini Malah Dapat Sepeda dari Presiden Jokowi

Program Director Systemiq, Joi Danielson, mengatakan, pihaknya melakukan dua jenis pendampingan, yakni fisik dan non fisik. Systemiq menginvestasikan peralatan untuk mengefisienkan pengelolaan sampah.

“Kami tidak bangun Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST). Namun kami investasi peralatan untuk mengakselerasi TPST yang sudah ada. Peralatan itu seperti alat pengolahan sampah, moda pengangkutan sampah, dan conveyor,” jelasnya.

Pendampingan nonfisik dilakukan dalam bentuk strategi perubahan perilaku masyarakat dan lembaga pengelola sampah lewat pelatihan-pelatihan, sehingga lembaga masyarakat yang mengelola sampai bisa menjadi entitas bisnis mandiri.

Demo Kedatangan Jokowi di Kota Malang, Belasan Aktivis KAMMI Ditangkap Polisi

Systemiq akan melibatkan aktif Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) sebagai pengelola sampah yang bakal didampingi selama dua tahun.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved