Pilgub Jatim 2018

Elektabilitas Khofifah-Emil Naik 13,5 Persen Versi Indo Barometer, Pengamat: Jaringannya Menguat

Lembaga survei Indo Barometer merilis data terbaru terkait Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018.

Elektabilitas Khofifah-Emil Naik 13,5 Persen Versi Indo Barometer, Pengamat: Jaringannya Menguat
SURYA/FATIMATUZ ZAHROH
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama pasangan Cagub-cawagub Jatim Khofifah-Emil, beserta Arumi Bachsin saat di Kampanye Akbar di Alun Alun Jombang, Minggu (1/4/2018). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Aqwamit Thorik

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Lembaga survei Indo Barometer merilis data terbaru terkait Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018.

Dalam rilis, Indo Barometer menyebutkan ada peningkatan elektabilitas untuk pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak.

Data elektabilitas calon gubernur ini diakumulasi dari September-Februari 2018. Dalam survei yang mengambil sampel 800 responden dan MoE (Margin of Eror) sebesar 3,46 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen ini, Calon Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengalami tren kenaikan elektabilitas 13,5 persen. 

M Roziqi : Hasil Survei Indo Barometer Tak Ngefek Pada Pasangan Khofifah-Emil )

Dari hasil itu, Pengamat Politik Universitas Brawijaya (Unbraw), Ahmad Hasan Ubaid menilai Khofifah sudah memiliki tabungan suara alias dukungan massa akar rumput meskipun waktu awal tahun belum menyatakan maju di Pilgub Jawa Timur

"Isu yang berkembang saat itu bakal mencalonkan diri sebagai Gubernur Jawa Timur sampai ada statement resmi pada awal tahun itu. Istilahnya political click. Bu Khofifah ini tinggal monitoring saja tinggal grassrootnya sudah kuat. Siapa? Muslimat NU," jelas Hasan dalam rilis yang diperoleh TribunJatim.com, pada Jumat (6/4/2018).

Kemudian, dukungan semakin besar ketika masyarakat tahu Khofifah maju sebagai Gubernur Jawa Timur. Hal itu disebut menjadi penanda bergeraknya mesin dukungan untuk Khofifah.

Unggul di Survei IndoBarometer, Begini Respon Gus Ipul dan Mbak Puti )

"Ketika masyarakat tahu bu Khofifah dipastikan maju kemudian dari situlah booster pemilih untuk bu Khofifah meningkat. Jaringannya kan menguat," tuturnya.

Halaman
12
Penulis: Aqwamit Torik
Editor: Edwin Fajerial
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved