Peringati Hari Kartini, Ibu-ibu di Kediri Gelar Lomba Gulung Stagen

Menyambut peringatan Hari Kartini ibu-ibu warga Perumahan Sukorejo Indah, Kabupaten Kedir, Jawa Timur

Peringati Hari Kartini, Ibu-ibu di Kediri Gelar Lomba Gulung Stagen
(Surya/Didik Mashudi)
Memperingati Hari Kartini warga Perumahan di Kediri menggelar lomba menggulung stagen, Senin (9/4/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Menyambut peringatan Hari Kartini ibu-ibu warga Perumahan Sukorejo Indah, Kabupaten Kediri, Jawa Timur menggelar lomba menggulung stagen serta mewiru atau melipat kain jarit, Senin (9/4/2018).

Lomba diikuti belasan peserta ini berlangsung meriah. Meski terlihat sederhana, karena tidak pernah praktik peserta terlihat kesulitan saat menggulung stagen.

Kalau ada yang selesai, gulungan stagen banyak yang tidak rapi. Dari belasan peserta kemudian dipilih 6 peserta terbaik yang mengikuti lomba tahab berikutnya mewiru kain jarit.

Lomba mewiru ini juga berlangsung meriah, karena peserta selain adu cepat juga adu kerapian lipatan kainnya. Peserta finalis ini harus membuat minimal 5 lipatan di kain jarit.

Baca: Belum Lunas, Pemilik Lahan Hentikan Pengembangan Perumahan di Bangkalan

Dari 6 peserta, dua peserta akhirnya menyerah karena gagal membuat lipatan hingga waktu yang disediakan berakhir. Sementara dari 4 peserta yang masih bertahan dipilih 3 juara.

Panitia lomba Ny Dyah menjelaskan, peringatan Hari Kartini mencoba menggelar lomba menggulung stagen dan mewiru kain jarit.

Baca: Makan di Restoran Mewah, Inul Daratista Syok Anaknya Pesan Menu Ini: Selera Kampung Harga Selangit

Kebiasaan ini sekarang sudah jarang dilakukan oleh ibu-ibu yang lebih memilih pakaian praktis. Padahal stagen dan kain jarit menjadi busana khas orang Indonesia.

Tiga juara dari perlombaan ini diraih Ibu Sarlim (75), Ibu Sutrisno (60) dan Ibu Nurul (45). Pemenang lomba mendapatkan bingkisan dari panitia.(dim)

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved