Aturan Parkir Insidentil di Kota Blitar Membingunkan, DPRD Semprot Dinas Perhubungan

Adanya multitafsir dalam penerapan tarif parkir insidentil membuat para wakil berteriak keras.

Aturan Parkir Insidentil di Kota Blitar Membingunkan, DPRD Semprot Dinas Perhubungan
SURYA/SAMSUL HADI
Jukir menunjukkan tambahan setempel tarif penitipan helm di bagian belakang karcis parkir insidentil saat mendatangi gedung DPRD Kota Blitar, Selasa (10/4/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Komisi III DPRD Kota Blitar segera melakukan rapat kerja dengan Dinas Perhubungan (Dishub) membahas keluhan juru parkir (jukir) yang masih bingung dengan penerapan tarif retribusi parkir insidentil.

Dewan menganggap ada multitafsir dalam penerapan tarif parkir insidentil.

"Kami akan melakukan rapat kerja dengan Dishub membahas soal itu. Soal parkir insidentil harus diperjelas agar tidak membingungkan jukir," kata Ketua Komisi III DPRD Kota Blitar, Agus Zunaedi, Rabu (11/4/2018).

Dishub menetapkan tarif retribusi parkir insidentil sebesar Rp 3.000. Tetapi, Dishub juga mengizinkan jukir menambah tarif jasa penitipan helm sebesar Rp 2.000 pada karcis parkir insidentil.

Alasan jukir menambah tarif penitipan helm untuk jaga-jaga kalau ada helm hilang. Sebab, helm hilang menjadi tanggung jawab jukir.

Padahal di karcis parkir insidentil tertulis kalau ada kehilangan barang menjadi tanggung jawab pengendara.

"Soal tarif penitipan helm itu yang harus dibahas. Itu harus dibakukan. Sebab, kalau ada pungutan lain di luar ketentuan perwali itu bisa masuk pungli," ujar Agus.

Jukir di Kota Blitar Ditangkapi Polisi, Para Jukir Langsung Mengadu ke Tempat Terhormat ini

Menurut Agus, beberapa jukir resah dengan masalah itu. Sebab, ada satu jukir yang ditangkap polisi karena memungut uang parkir sebesar Rp 5.000 saat ada acara bazar jadul di Alun-alun Kota Blitar. Padahal, tarif parkir Rp 5.000 itu sudah termasuk jasa penitipan helm.

"Tetapi, jukir juga harus bekerja sesuai aturan. Selama ini banyak keluhan dari masyarakat soal pelayanan parkir di Kota Blitar," katanya.

Halaman
123
Penulis: Samsul Hadi
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved