Breaking News:

ITS Surabaya Kerja Sama dengan LAPAN Kembangkan Satelit Keamanan Laut

ITS Surabaya telah menggandeng Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) untuk mengembangkan pemanfaatan data satelit.

Penulis: Triana Kusumaningrum
Editor: Agustina Widyastuti
TRIBUNJATIM.COM/ISTIMEWA
Penandatangan kerja sama ITS dan LAPAN 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Triana Kusumaningrum

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya telah menggandeng Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) untuk mengembangkan pemanfaatan data satelit.

Hal tersebut dimaksudkan untuk melakukan pengembangan satelit pemantauan lingkungan dan kemaritiman, terutama dalam pengembangan Automatic Identification System (AIS).

Direktur Inovasi, Kerja sama, dan Kealumnian ITS, Dr Eng Kriyo Sambodho ST MEng mengatakan adanya kerja sama ini sangat menguntungkan bagi Pusat Unggulan Iptek Keselamatan Kapal (PUI KEKAL) ITS.

8 Klub Jalani Double Gameweek, Hanya Chelsea yang Bernasib Mujur, Berikut Hasil Lengkap Liga Inggris

Pasalnya, mereka dapat dengan mudah memanfaatkan data AIS milik LAPAN untuk mendeteksi keberadaan kapal besar terhadap pipa laut.

“Ketika kapal berhenti di dekat pipa laut, ada indikasi untuk melempar jangkar. Tindakan ini akan mempengaruhi kebocoran pipa yang bisa menimbulkan ledakan dan kebakaran seperti yang terjadi di Teluk Balikpapan kemarin itu,” tutur dosen yang kerap disapa Dodhot ini melalui rilis yang diterima TribunJatim.com, Kamis (19/4/2018).

Lebih lanjut, dia menerangkan pada dasarnya setiap kapal besar yang memiliki ukuran lebih dari 300 gross tonnage (GT) wajib dilengkapi oleh data AIS.

Hal ini untuk mempermudah pemilik kapal dalam memantau lokasi kapalnya.

VIDEO: Gunakan Bom Ikan saat Melaut, Empat Nelayan Digelandang ke Mako Ditpolair Polda Jatim

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved