Bunker di Kaki Jembatan Suramadu Bakal Jadi Cafe Paling Fantastik

Dinas Pariwisata dan Tim Cagar Budaya Kota Surabaya sudah mengincar Lokasi 9 bunker di Kaki Suramadu

Bunker di Kaki Jembatan Suramadu Bakal Jadi Cafe Paling Fantastik
hellosurabaya.com
Ilustrasi 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Dinas Pariwisata dan Tim Cagar Budaya Kota Surabaya sudah mengincar Lokasi 9 bunker di Kaki Suramadu untuk pengembangan destinasi wisata baru. Tim mengimpikan bunker itu akan jadi cafe unik yang fantastik.

"Ingat ini hanya satu-satunya di Indonesia ada bangunan bunker unik di tepi pantai. Kalau jadi cafe dengan latar hamparan pantai, sungguh fantastik," ucap Johan Silas, anggota Tim Cagar Budaya.

Saat ini, Dinas Pariwisata dibuat kagum dengan keberadaan 9 benteng dan bunker di kaki Suramadu. Ada ruang bawah tanah. Kemungkinan untuk tempat perlindungan.

Diprediksi bangujan dengan konstruksi kokoh itu dibuat ratusan tahun lalu di era penjajahan Jepang. Sembilan titik bunker itu menyebar di sepanjang 1 KM tepi pantai Kenjeran.

Kalau dari kaki Suramadu dari arah Surabaya putar balik jembatan bawah. Lokasi Bunker ada di sisi kanan Suramadu dari Suranaya. Tepatnya di belakang Pos PJR Suramadu, di Kelurahan Kedung Cowek, Kecamatan Bulak, Surabaya.

Baca: Jalankan Instruksi Ulama, Kiai dan Ibu Nyai se-Kota Malang Kompak Menangkan Gus Ipul-Mbak Puti

Plt Kepala Dinas Pariwisata Irvan Widiyanto siap menjadikan areal bunker itu sebagai destinasi wisata baru.

"Ini eksotik. Namun keberadaan bunker ini milik TNI. Kami akan segera koordinasikan secara kelembagaan," kata Irvan.

Tim Cagar Budaya sendiri memastikan akan memasukkan kawasan itu menjadi wisata Heritage. Lokasi akan sangat ramai selama akses ke lokasi Bunker terjangkau dengan baik.

Saat ini kondisi jalan menuju bunker masih berupa jalan bebatuan. Namun mobil maupun motor bisa dengan mudah masuk ke areal bunker. Bahkan bisa parkir persis di depan bunker.

Baca: Emil Ajak Anak Muda Bangkit dan Bangun ‎Jatim Bersama

"Yang perlu dilalukan pemkot adalah berkoordinasi dengan Kodam V Brawijaya Surabaya dan TNI. Selain jalan, infrastrukur lain listrik dan air juga harus disediakan. Yakin, cafe di bunker ini akan ramai," kata Johan.

Apalagi momennya saat ini tepat. Dalam waktu dekat Kenjeran akan menjadi kesatuan destinasi wisata pantai. Saat ini ada Jembatan Suramadu, Jembatan Suroboyo, Kampung Warna-warni, sebentar lagi Kereta Gantung yang lokasinya berdekatan di Kenjeran. (Faiq)

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved