BI Malang Siapkan Uang Tunai Rp 3,9 Triliun, Untuk Apa ya?

Jumlah uang tunai di masa Ramadan dan Lebaran 2018 di wilayah kerja Bank Indonesia (BI) Malang lebih banyak dibandingkan tahun 2017

BI Malang Siapkan Uang Tunai Rp 3,9 Triliun, Untuk Apa ya?
istimewa
Ilustrasi 

 TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Jumlah uang tunai di masa Ramadan dan Lebaran 2018 di wilayah kerja Bank Indonesia (BI) Malang lebih banyak dibandingkan tahun 2017.

Tahun ini, BI Malang menyediakan uang tunai sebesar Rp 3,9 triliun, atau naik sekitar 14 persen dibandingkan tahun lalu. Tahun 2017, BI Malang menyediakan uang tunai Rp 3,5 triliun.

Kepala Perwakilan BI Malang Dudi Herawadi mengatakan kenaikan uang tunai itu antara lain dikarenakan libur Lebaran lebih panjang dibandingkan tahun lalu.

Karenanya, sebagai bentuk antisipasi kebutuhan uang tunai di libur Lebaran, sehingga uang tunai ditambah.

"Itu termasuk untuk libur panjang Lebaran, juga penukaran uang tunai baru, juga untuk aneka pembayaran seperti THR dan gaji ke-13," ujar Dudi, Senin (21/5/2018).

Baca: Disperindag Kabupaten Pasuruan Gelar Pasar Murah Untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah

Dan sudah menjadi kebiasaan, setiap menjelang Lebaran, kebutuhan masyarakat akan uang tunai baru juga meningkat.

"Menjadi catatan juga nanti pada periode Lebaran ada pelaksanaan Pilkada serentak, termasuk di Kota Malang," imbuhnya.

Dana yang ada, lanjut Dudi, dipersiapkan untuk penarikan secara tunai melalui kantor layanan maupun mesin anjungan tunai mandiri (ATM) masing-masing perbankan. Selain itu, juga melalui pelayanan kas kelilig pada masyarakat.

Dudi menegaskan, pihaknya sudah meminta pihak perbankan untuk menjaga ketersediaan uang di masing-masing ATM, terutama ketika di hari libur.

BI Malang juga meminta urusan teknis mesin ATM, serta koneksi ATM selalu dijaga sehingga tidak terjadi kemacetan atau ATM off.

"Termasuk juga kami minta untuk memperbanyak ATM untuk pecahan uang Rp 50.000 daripada yang Rp 100.000. Sekarang juga banyak bank yang menukar ATM-nya sehingga lebih banyak melayani pecahan Rp 50.000. Juga adanya CCTV di bilik ATM, itu harus diperhatikan oleh pihak bank," tegas Dudi.

Baca: Terkuak Lewat Kaki yang Nyembul di Makam, Wanita Cantik Dibunuh Guru Spiritual Suami Usai dari Hotel

Dudi menjamin penyiapan uang kartal itu akan menjamin kebutuhan uang tunai di wilayah kerja BI Malang yang meliputi Malang Raya, Kota dan Kabupaten Pasuruan, serta Kota dan Kabupaten Probolinggo.

Sementara itu untuk penukaran uang tunai dilayani di masing-masing bank, juga mobil kas keliling. Mobil kas keliling ini akan mulai melayani masyarakat pada 28 Mei hingga 8 Juni 2018. (uni)

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved