Ingat! Jangan Bercanda Soal Bom di Lingkungan Bandara, Bisa Kena Hukuman Penjara Lho!

Perlu diketahui, bagi siapapun yang bercanda tentang bom di lingkungan bandara dan pesawat dapat dikenakan sanksi penjara.

KOMPAS.COM/ISTIMEWA
FN pria asal Wamena Papua saat diamankan di Bandara Supadio Senin (28/5/2018). FN ditahan pihak kepolisian karena menyebutkan membawa bom saat berada didalam pesawat Lion Air JT 687 yang menimbulkan kepanikan penumpang. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Triana Kusuma

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Puluhan penumpang panik dan berhamburan keluar pesawat Lion Air di Bandara Supadio, Pontianak karena ulah seorang penumpang laki-laki yang bergurau membawa bom, Senin (28/5/2018).

Peristiwa ini berawal saat seorang penumpang berinisial FN, asal Wamena Papua, bercanda soal adanya bom.

Perlu diketahui, bagi siapapun yang bercanda tentang bom di lingkungan bandara dan pesawat dapat dikenakan sanksi penjara.

Khofifah Pilih Sapa Pedagang Pasar Agrobis Lamongan Borong Buah-Buahan

Hal ini dijelaskan dalam posting-an akun Instagram @kemenhub151 tentang undang-undang penerbangan.

Akun tersebut dengan jelas menuliskan, "JANGAN PERNAH BECANDA SOAL "BOM"!!! Menyampaikan informasi palsu, bergurau atau mengaku-ngaku membawa "bom" di bandara dan di peswat udara dapat dikenakan pidana penjara!!!"

Kemudian dituliskan juga isi UU No.1 tahun 2009 Tentang Penerbangan yang berbunyi :

Sanksi sesuai pasal 437
(1) Setiap orang yang menyampaikan informasi palsu yang membahayakan keselamatan penerbangan sebagaimana dimaksud pasal 344 huruf e dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun.

(2) Dalam hal tindak pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mengakibatkan kecelakaan atau kerugian harta benda, dipidana dengan pidana penjara paling lama 8 (delapan) tahun.

(3) Dalam hal tindak pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mengakibatkan matinya orang, dipidana dengan pidana penjara paling lama 15 (lima belas) tahun.

6 Fakta Baru Mahasiswi Cantik yang Ikut ISIS, Bukan Sosok Panutan hingga Sering Ajak Latihan Memanah

Untuk itu, sebaiknya kita menjadi penumpang yang taat peraturan serta santun dalam bersikap.

Candaan yang dilontarkan dapat menjadi senjata makan tuan yang merugikan diri sendiri serta orang lain, bahkan bisa terancam hukuman penjara.

Yuk subscribe Channel TribunJatim.com lainnya:

YouTube:

Instagram:

Penulis: Triana Kusumaningrum
Editor: Agustina Widyastuti
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved