Pedagang Pasar Klojen Malang Masih Boleh Jualan saat Lebaran, Setelah itu Langsung Dipindah Kesini

Pedagang Pasar Klojen Kota Malang bakal menempati pasar penampungan di bedak khusus usai Lebaran nanti.

Pedagang Pasar Klojen Malang Masih Boleh Jualan saat Lebaran, Setelah itu Langsung Dipindah Kesini
SURYA/HAYU YUDHA PRABOWO
Kerangka bedak mulai didirikan untuk pedagang Pasar Klojen di Jalan HOS Cokroaminoto, Kota Malang, Kamis (24/5/2018). Bedak ini untuk menampung pedagang pasar Klojen saat proses revitalisasi usai Lebaran. 

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Pedagang Pasar Klojen Kota Malang bakal menempati pasar penampungan usai Lebaran mendatang.

Pasar penampungan itu menempati Jl Cokroaminoto dan sedikit di Jl Dr Sutomo. Lokasinya tidak jauh dari Pasar Klojen, alias masih di jalan yang sama dengan alamat Pasar Klojen yakni di Jl Cokroaminoto.

Kepala Bidang Pengelolaan Pasar Rakyat Dinas Perdagangan Kota Malang Eko Sya mengatakan ada 86 pedagang Pasar Klojen bakal menempati pasar penampungan itu.

"Rencananya usai Lebaran nanti pasar penampungan ditempati. Pedagang sudah setuju untuk pindah," ujar Eko kepada Surya, Selasa (29/5/2018).

Baca: Mau Bimtek ke Jakarta, 2 Ketua Partai ini Seenaknya Bercanda Bom di Bandara, Akibatnya Keok

Saat ini pengerjaan lapak pasar penampungan masih berlangsung. Setelah semua terpasang, pedagang disilahkan melihat kondisi lapak sebelum mereka menempatinya usai Lebaran nanti.

"Biasanya ada yang ditambahi sesuai kebutuhan. Jadi pedagang memiliki waktu sebelum menempatinya," lanjut Eko.

Ketika pasar penampungan Klojen menempati salah satu sisi jalan, ada ancaman yang bakal terjadi di kawasan itu yakni kemacetan. Karenanya, kata Eko, Dinas Perdagangan telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan pihak Kepolisian.

"Untuk mengantisipasi kemacetan kami sudah berkoordinasi dengan Dishub dan Kepolisian. Mungkin nanti ada rekayasa lalu lintas. Bagi pengendara jalan yang tidak memiliki keperluan di Jl Cokoraminoto, bisa melintasi jalur lain. Di kawasan situ kan masih banyak jalur alternatif," imbuhnya.

Baca: Presiden Jokowi Pastikan THR dan Gaji 13 PNS 2018 Cair, Ini Rincian Lengkap Jumlah dan Tanggalnya

Pasar Klojen, kata Eko, juga tidak buka selama 24 jam. Pasar rakyat itu biasanya beroperasi hingga pukul 14.00 Wib.

Setelah pedagang menempati pasar penampungan, Dinas Perdagangan bakal memugarnya kemudian merevitalisasi pasar itu menjadi pasar sehat, seperti Pasar Oro-Oro Dowo dan Pasar Bareng. Pengerjaan revitalisasi Pasar Klojen ditargetkan selesai bulan Desember 2018.

Halaman
12
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved