Breaking News:

PPDB SMA di Blitar, Jalur Prestasi Paling Banyak Peminatnya

Setelah itu baru pengumuman pada Jumat (8/6/2018)," kata Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim wilayah Kota/Kabupaten Blitar

Penulis: Samsul Hadi | Editor: Yoni Iskandar
SURYA/SAMSUL HADI
Panitia PPDB online di SMAN 3 Kota Blitar stand by menunggu calon siswa yang mendaftar langsung secara online ke sekolah, Selasa (4/7/2017). Tetapi, hingga hari kedua pendaftaran belum ada calon siswa yang daftar langsung ke sekolah. 

 TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SMA jalur non-reguler atau jalur prestasi, mitra warga, bidikmisi, dan inklusi, di Kabupaten Blitar dan Kota Blitar sudah ditutup.

Sekarang, sekolah masih melakukan proses verifikasi data para pendaftar PPDB di jalur non-reguler itu.

"Pendaftaran jalur non-reguler berakhir, Senin (4/6/2018). Mulai Selasa (5/6/2018) sampai Kamis (7/6/2018) dilakukan proses verifikasi. Setelah itu baru pengumuman pada Jumat (8/6/2018)," kata Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim wilayah Kota/Kabupaten Blitar, Suhartono, Rabu (6/6/2018).

Dia mengatakan hasil laporan dari sekolah pendaftaran jalur non-reguler yang paling banyak peminatnya yakni jalur prestasi.

Baca: Bupati Malang Rendra Anulir Keputusan Mobdin Untuk Mudik Lebaran, Ini Alasannya

Jalur prestasi ini dibagi dua yakni akademik dan non-akademik. Hampir semua sekolah sudah memenuhi kuota penerimaan lewat jalur prestasi.

"Kuota jalur prestasi hanya lima persen. Peminatnya paling banyak, hampir semua SMA sudah terpenuhi kuota pendaftaran lewat jalur prestasi," ujar Suhartono.

Pendaftaran lewat jalur mitra warga juga banyak peminatnya. Syarat pendaftaran lewat jalur mitra warga ini calon siswa harus punya Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan memegang surat keterangan tidak mampu (SKTM).

Selain itu, calon siswa yang mendaftar lewat jalur mitra warga harus berdomisili di dekat sekolah.

Untuk pendaftaram jalur bidikmisi, kata Suhartono, masih banyak sekolah yang memenuhi kuota. Penyebabnya, persyaratan pendaftaran lewat jalur bidikmisi lumayan sulit. Calon siswa yang mendaftar lewat jalur bidikmisi harus memiliki nilai rata-rata ujian nasional 80 dan tidak ada nilai ujian nasional di bawah 70.

"Karena persyaratannya lumayan sulit akhirnya banyak sekolah yang belum memenuhi kuota pendaftaran jalur bidikmisi," katanya.

Baca: Unej Resmi Jadi Tuan Rumah MTQ 2018, Ini Harapan Rektor

Dikatakannya, pendaftaran jalur inklusi atau untuk siswa berkebutuhan khusus juga sepi peminat. Menurutnya, sampai sekarang belum ada siswa yang mendaftar lewat jalur inklusi.

Tidak semua sekolah membuka pendaftaran jalur inklusi. Dinas hanya menunjuk tiga sekolah untuk pendaftaran jalur inklusi. Yakni, SMAN 4 Kota Blitar, SMAN 1 Kesamben, dan SMKN 3 Kota Blitar.

"Jalur inklusi ini untuk siswa yang mengalami ketunaan ringan. Ada yang daftar tapi ketunaannya berat akhirnya diarahkan ke SLB (sekolah luar biasa)," jelas Suhartono.

Baca: Sang Ayah Tersandung Kasus Pelecehan Pasien National Hospital, Anaknya Jadi Sering Sakit dan Opname

Sekadar diketahui, pendaftaran PPDB tingkat SMA menggunakan sistem online. Selain itu, ada beberapa jalur pendaftaran PPDB. Pendaftaran PPDB online jalur reguler dibuka mulai 25-28 Juni 2018.

Sedangkan pendaftaran PPDB jalur prestasi, mitra warga, bidikmisi, dan inklusi atau jalur non-reguler dimulai pada 30 Mei 2018 sampai 4 Juni 2018. Verifikasi PPDB jalur prestasi, mitra warga, bidikmisi, dan inklusi dilakukan mulai 5-7 Juni 2018. Sedangkan pengumumannya dilakukan pada 8 Juni 2018. (Sha)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved