Pilgub Jatim 2018

Blusukan ke Pasar Mangga Dua, Khofifah Janji Perbaiki Infrstuktur Pasar Tradisional Lewat CSR

Jelang coblosan, Cagub Khofifah makin intensif blusukan ke pasar tradisional tawarkan program pro pedagang.

Blusukan ke Pasar Mangga Dua, Khofifah Janji Perbaiki Infrstuktur Pasar Tradisional Lewat CSR
SURYA/FATIMATUZ ZAHROH
Cagub Khofifah saat blusukan ke Pasar Mangga Dua Jagir, Surabaya, Senin (11/6/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Kegiatan blusukan ke pasar tradisional tidak bisa ditinggalkan oleh calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 1, Khofifah Indar Parawansa.

Hari ini, Senin (11/6/2018), Pasar Mangga Dua Jagir yang dijadikan jujugan Khofifah untuk bersapa dengan pedagang.

Ia memnfaatkan akhir bulan puasa Ramadan dimana banyak warga masyarakat berbelanja ke pasar tradisional. Menurutnya perputaran ekonomi di pasar tradisional harus terus dijaga dan dikembangkan agar tidak semakin sepi.

Selain sibuk menyapa pedagang dan pengunjung pasar, mantan Mensos RI ini berkomitmen untuk memperbaiki fasilitas pasar yang ada di Jawa Timur.

Baca: Jawab Keluhan Petani Soal Harga Gabah yang Merosot, Khofifah Andalkan Teknologi Pertanian

Ia ingin memperbaiki pasar tradisional agar lebih nyaman bagi pembeli. Mayoritas pasar tradisional di Jawa Timur saat ini kondisinya masih banyak yang infrastukturnya belum memadai, becek dan berbau. Membuat pembeli kurang nyaman bagi pembeli.

"Terutama kelas menengah, mereka lebih memilih untuk membayar lebih mahal asal nyaman saat belanja. Makanya kami ingin ke depan pasar kita dibuat convenient agar bisa mendatangkan lebih banyak pengunjung," kata Khofifah.

Jumlah pasar se Jawa Timur tentu sangat banyak. Jika hanya mengandalkan dana APBD tentu dana yang digelontorkan akan sangat banyak bahkan tidak cukup.

Oleh sebab itu, Khofifah sudah merencanakan untuk menggaet investor dan perusahaan di Jawa Timur untuk ikut membangun pasar tradisional.

Baca: Ikut Antre Pembagian Zakat di Mojokerto, Balita Setahun ini Terjepit Ditengah Desakan Ratusan Warga

Pasalnya industri dan pengusaha di Jawa Timur tentunya memiliki CSR. Dana itulah yang akan digunakn untuk membangun pasar.

"Mereka tentu akan senang karena penyaluran CSRnya akan tepat sasaran. Dan nanti bisa ada gapura untuk dipasang di pasar sehingga ada pertanggung jawaban untuk mereka," kata Khofifah.

Selain itu Khofifah juga berkomitmen untuk mendekatkan akses pinjaman bersubsidi dari pwmerintah yaitu KUR untuk ada di pasar tradisional. Pasalnya KUR bunganya hanya 7 persen sehingga tidak memberatkan pedagang.

"Daripada meminjam ke rentenir, KUR ini jauh lebih rendah bunganya karena disubsisdi," kata Khofifah.

Sementara itu, pedagang Pasar Mangga Dua Jagir Surabaya begitu antusias menyambut Khofifah. Banyak pedagang yang berebut bisa selfie bareng dengan Khofifah yang juga kader kebanggaan Gus Dur itu.

"Semoga Bu Khofifah jadi gubernur Jawa Timur. Kami doakan Bu Khofifah sukses. Jawa Timur butuh pemimpin seperti Bu Khofifah," kata Imam, pedagang Pasar Mangga Dua. (Surya/fatimatuz zahroh)

Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved