Lebaran 2018

Hari ni, Ribuan Warga Jatim Berangkat Mudik Gratis di Jalan A Yani Surabaya

Sebanyak 4.661 warga Jatim Selasa (12/6/2018) pagi ini mengikuti mudik gratis yang digelar Pemprov Jatim

Hari ni, Ribuan Warga Jatim Berangkat Mudik Gratis di Jalan A Yani Surabaya
Nuraini Faiq/surya
Mudik Gratis pagi ini diberangkatkan dari kantor Dishub jatim di Jalan A Yani Surabaya, Selasa (12/6/2018) 

 TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Sebanyak 4.661 warga Jatim Selasa (12/6/2018) pagi ini mengikuti mudik gratis yang digelar Pemprov Jatim. Mereka diberangkatkan dari Kantor Dishub Jatim Jalan Frontage Barat A Yani Surabaya pagi ini.

Pantauan Surya (tribunjatim.com) di lokasi keberangkatan, warga Jatim yang merantau di Surabaya saat ini sudah siap diberangkatkan. Mereka sudah di dalam bus.

"Saya diminta datang jam 06.00. Ini masih menunggu diberangkatkan," ucap Maimunah, pemudik asal Pacitan yang membawa suami dan dua anaknya.

Hingga pukul 08.00, sebanyak 79 bus saat ini sudah parkir dan sudah diisi ribuan penumpang. Mereka akan diberangkatkan Sekdaprov Jatim Ahmad Sukardi.

Baca: Wali Kota Risma Kunjungi Anak-anak Pelaku Teror Bom

"Kecekaan tertinggi karena pemudik naik motor dengan kontribusi kecelakaan sekitar 70 persen. Pemprov Jatim menekannya dengan mudik gratis," kata Kepala Dishub Jatim Wahid Wahyudi.

Mudik gratis berangkatkan dua gelombang mulai Selasa (12/6/2018) dan Rabu (13/6/2018).

Peningkatan minat mudik gratis di Jatim menjngkat 8,2 persen. Total bus yang dikerahkan untuk mudik gratis meningkat dari sebelumnya 530 unit menjadi 560 unit bus.

Jumlah penumpang yang mudik gratis meningkat dari tahun lalu sebanyak 59.950 penumpang naik menjadi 64.00 penumpang.

"Artinya kesadaran mementingkan keselamatan dan keselamatan mudik tinggi. Gubernur Jatim Pakde Karwo yang memfasilitasi mudik gratis ini," kata Wahid.

Tidak hanya melalui Dinas Perhubungnan. Mudik gratis juga disebar di sejumlah instansi dan kantor pemerintahan lain. Termasuk ke kampus, BUMN, PWNU hingga minimarket.

Baca: Hutan di Kecamatan Plumpang Tuban Terbakar, Pelaku Diduga Orang Gila

Mudik gratis melalui Dishub Jatim akan diberangkatkan pada 12 dan 13 Juni 2018. Rencananya Gubernur Pakde Karwo yang akan memberangkatkan mudik gratis gelombang pertama.

Semua pemudik akan diantarkan ke seluruh kota dan kabupaten yang ada di Jatim.

Sebanyak 20 kota jurusan seluruh Jatim dilalui mudik gratis. Mulai dari Ngawi, Pacitan, Ponorogo, Treanggalek, Kedoiri, Malang, Banyuwangi, Jember, Bojonegoro, Tuban, hingga Madura. (Faiq)

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved