Menteri Pariwisata Dorong Banyuwangi Jadi Bandara Internasional Berkonsep Tourism

Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya mendorong Bandara Banyuwangi menjadi international airport yang pengembangannya.

SURYA/HAORRAHMAN
Menpar, Dirut AP II, Bupati Banyuwangi usai pertemuan di Banyuwangi 13 Juni 2018 lalu. 

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya mendorong Bandara Banyuwangi menjadi international airport yang pengembangannya menggabungkan konsep tourism.

Hal ini sejalan dengan pertumbuhan sektor pariwisata Banyuwangi, selain bandara Banyuwangi sendiri memiliki desain bangunan unik dan menjadi bandara berkonsep hijau pertama di Indonesia.

Menteri Pariwisata Arief Yahya sangat mendukung Bandara Banyuwangi menjadi international airport.

Selain itu, Arief menyarankan agar bandara Banyuwangi juga menjadi tourism airport.

"Waktu pertemuan dengan PT Angkasa Pura II sebagai pengelola bandara Banyuwangi, Pak Awaluddin menceritakan bandara Koh Samui di Thailand yang sukses menjadi tourism international airport. Saya ingin Bandara Banyuwangi bisa mencontohnya," kata Arief, Minggu (17/6/2018)‎

Sebelumnya, Menpar melakukan pertemuan dengan Dirut PT Angkasa Pura II, M. Awaluddin dan Bupati Banyuwangi di Banyuwangi, pada 13 Juni 2018.

Seribu Diaspora Banyuwangi Berkumpul Saksikan Orang Asing Mainkan Tari Gandrung )

Dalam kesempatan itu, Awaluddin sempat mengatakan bahwa benchmark Bandara Banyuwangi adalah Bandara Koh Samui di Thailand.

Samui berhasil menjadikan bandaranya sebagai hub dengan menggandeng operator maskapai sebagai strategic partner.

"Samui menggandeng Bangkok Airways untuk pengembangan bandaranya. Maskapai itulah yang membawa traffic penumpang ke bandara. Bangkok Airways lalu menjadikan Samui sebagai hub. Hal itulah yang menjadikan bandara, dan bahkan pariwisata di Samui hidup," jelas Awaluddin.

"Ini sepertinya yang akan kita lakukan di Banyuwangi, apalagi turis yang pernah ke Samui, pernah ke Bali. Konsep itu yg akan kita tiru, agar Bandara Banyuwangi hidup," imbuh Awaluddin.

Halaman
123
Penulis: Haorrahman
Editor: Edwin Fajerial
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved