Seribu Diaspora Banyuwangi Berkumpul Saksikan Orang Asing Mainkan Tari Gandrung

Ribuan perantau asal Banyuwangi dari berbagai belahan bumi Indonesia dan dunia datang berkumpul dalam “Diaspora Banyuwangi”.

ISTIMEWA
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas memasang udeng Using ke kepala peserta Diaspora Banyuwangi. 

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Momen pulang kampung saat Lebaran dimanfaatkan Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, untuk mengumpulkan kembali warga perantaunya.

Ribuan perantau asal Banyuwangi dari berbagai belahan bumi Indonesia dan dunia datang bersemangat untuk berkumpul dalam sebuah acara “Diaspora Banyuwangi”, Minggu (17/6).

Tampak hadir dalam acara tersebut, Menteri Pariwisata Arief Yahya. Arief tak pernah melewatkan satu kalipun acara yang telah digelar sejak 2013 ini.

Baca: Gaya Lebaran Via Vallen dan Ayu Ting Ting, Soal Baju Jadi Sorotan, Respons Netizen Beda Banget?

Baca: Sama-sama Lebaran, 5 Perbedaan Perayaan Ala Maia Estianty dan Mulan Jameela Jadi Sorotan, Jomplang?

Bagi Arief, acara ini adalah reuni akbar serta membangkitkan spirit memajukan Banyuwangi.

People to people connection itu jauh lebih kuat dan dahsyat dibandingkan business relation. Silaturahim diaspora setahun sekali dan bertepatan dengan momentum halal bi halal ini sarana yang baik untuk memperkuat jalinan hubungan personal atau people to people connection untuk memajukan daerah,” papar Menteri Pariwisata Arief Yahya di hadapan seribu diaspora Banyuwangi.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menerima ucapan selamat Idul Fitri dari peserta Diaspora Banyuwangi.
Menteri Pariwisata Arief Yahya menerima ucapan selamat Idul Fitri dari peserta Diaspora Banyuwangi. (TRIBUNJATIM.COM/HAORRAHMAN)

Hadir pula dalam acara tersebut anggota DPR Nihayatul Wafiroh, Konsul Keuangan dan Bea Cukai KJRI Hongkong Imik Eko Saputro, dan Anggota Dewan Komisioner OJK Ahmad Hidayat.

Para diaspora yang hadir tercatat dari Korea, Selandia Baru, Jepang, Taiwan, Hongkong. Juga dari Papua, Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, Bali, Jakarta, hingga Bandung.

"Bangun Banyuwangi ini sesuai dengan peran yang anda miliki kini. Ini ada petinggi OJK di sini, tolong bantu pengembangan usaha mikro orang Banyuwangi. Banyuwangi sudah menunjukkan prestasinya yang luar biasa, jadi jangan segan membantu daerah ini," ajak Arief.

Baca: Lama Tak Muncul, Foto Perut Bella Shofie Disebut Hamil Hingga Wajah Mirip Regina Mantan Farhat Abbas

Baca: Sebaiknya Hindari Jembatan Ploso Jombang, Kondisi Macet Parah

Para diaspora yang hadir mengaku senang dengan acara rutin ini. Bahkan, semangat Bupati Anas mengembangkan daerahnya menjadi inspirasi bagi Irzal Mariyanto, karyawan kargo yang bekerja di Malaysia.

"Apa yang dilakukan pak Anas yang mengentaskan kemiskinan telah menyentuh kami yang di rantau," kata Irzal.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Adi Sasono
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved