Breaking News:

Ini Cara Dirut PDAM Redam Ibu-Ibu Demo Blokir TPA Benowo

Direktur Utama PDAM Surya Sembada Surabaya Mujiaman langsung ke TKP saat Kampung Tambakdono, Kelurahan Sumberejo, Kecamatan Pakal demo

Penulis: Nuraini Faiq | Editor: Yoni Iskandar
SURYA/NURAINI FAIQ
Dirut PDAM Surabaya Mujiaman saat menjelaskan solusi ke warga Sumberejo, Kecamatan Pakal, di Balai Kelurahan, Jumat (22/6/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Direktur Utama PDAM Surya Sembada Surabaya Mujiaman langsung meluncur ke TKP saat mendengar warga Kampung Tambakdono, Kelurahan Sumberejo, Kecamatan Pakal, demo tekait air bersih, Jumat (22/6/2018).

Mereka demo memblokir akses jalan menuju TPA Benowo. Di pertigaan Gelora Bung Tomo, warga yang didominasi kaum ibu-Ibu menuntut aliran air bersih di kampung mereka. Air PDAM di Tambakdono mampet sudah 2,5 tahun.

Namun untuk bisa cepat sampai ke TKP menemui warga, Mujiaman memilih naik motor dibonceng ke lokasi. Dia langsung berinteraksi dengan warga termasuk ibu-ibu di TKP.

Di hadapan warga, Mujiaman menjelaskan bahwa terganggunya pendistribusian air di kampung itu dampak normalisasi pekerjaan perbaikan dan koneksi pipa di Kendung.

Baca: Debat Pilgub Jatim Ketiga, Polda Jawa Timur Turunkan Pasukan dengan Jumlah Segini

"Petugas kami akan menormalkan distribusi air," katanya.

Mujiaman juga berjanji bahwa dirinya bersama semua petugaa PDAM akan bekerja siang dan malam demi kelancaran air.

Suharto Ahmad, ketua LPMK Sumberejo berharap agar aliran air diwarganya bisa lancar kembali. Sudah bertahun-tahun mampet. Utamanya di RW 07 dan RW 08. Namun warga tetap diminta membayar meski air tak mengalir.

"Kami kesulitan mendapatkan air jika dikirim melalui truk tangki karena jalan warga tidak bisa dilewati truk tangki," ujarnya.

Untuk solusi jangka pendek, langkah strategis yang dilakukan PDAM Surya Sembada yaitu mengirimkan air tangki serta memfasilitasi pompa dan selang untuk membantu agar air bisa masuk ke rumah warga.

Baca: Asyik Pesta Sabu-sabu Bersama Dua Pria, Wanita ini Meringkuk di Sel Polsek Tegalsari Surabaya

"Kami juga sedang mengerjakan koneksi pipa di jalan Sumberejo dan bisa disuplai dengan air tangki melalui resevoir cluster Sumberejo," tambah Mujiaman yang sudah setahun memimpin PDAM Surya Sembada ini.

Sementara, solusi jangka panjang, PDAM akan membangun jaringan pipa sepanjang 5,5 km dari reservoir Tambak Oso Wilangon ke Sumberejo untuk menambah distribusi air serta menambah tekanan.

Diharapkan setelah pipa tersebut tersambung, distribusi air untuk warga Tambakdono dan sekitarnya bisa lebih baik.

"Sampai saat ini proses pembangunan jaringan sudah sampai 3 KM," kata Mujiaman. (Faiq)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved