Presiden Jokowi Beri Julukan Baru untuk Menteri Basuki Usai Berperan Bangun Tol Trans Jawa

Presiden Joko Widodo bersama sejumlah menteri kabinet kerja, hari ini, Jumat (22/6/2018) meresmikan jalan tol Gempol - Pasuruan.

Dokumentasi Kementerian PUPR
Presiden Jokowi bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Gubernur Jawa Timur Soekarwo bersama Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani menekan sirine peresmian tol Rembang - Pasuruan di Gerbang Tol Pasuruan, Jawa Timur, Jumat petang (22/6/2018) 

TRIBUNJATIM.COM, PASURUAN - Presiden Joko Widodo bersama sejumlah menteri kabinet kerja, hari ini, Jumat (22/6/2018) meresmikan jalan tol Gempol-Pasuruan seksi 2 Rembang - Pasuruan di Gerbang Tol Pasuruan, Jawa Timur.

Sesuai seremoni, kepada awak media yang hadir di lokasi acara, Presiden Jokowi berkelakar dengan menyebut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sebagai Daendels baru.

Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta itu, Menteri Basuki dijuluki seperti Daendels yang merupakan Gubernur Jenderal Hindia Belanda yang memerintahkan pembangunan jalan mulai dari Anyer di Banten sampai Panarukan di Jawa Timur.

Namun, Jokowi mengumpamakan Menteri Basuki sebagai Daendels pada zaman sekarang karena berperan membangun Tol Trans Jawa yang terbentang dari Merak sampai Banyuwangi.

Inilah Keuntungan Diresmikannya Tol Gempol - Pasuruan Seksi 2 )

"Jadi Merak ke Banyuwangi selesai. Ini ada Daendels baru, yaitu Menteri PUPR. Kalau dulu Daendels dari Anyer ke Panarukan, sekarang dari Merak ke Banyuwangi," kata Jokowi ketika berkelakar seusai peresmian Jalan Tol Rembang-Pasuruan, Jumat (22/6/2018).

Menurutnya, seiring dengan tersambungnya ruas tol Trans Jawa akan memberi dampak bagi perekonomian, khususnya kemudahan akses bagi mobilitas orang maupun distribusi barang dan logistik yang lebih murah karena transportasinya lebih cepat.

Jokowi mengharapkan, nantinya di akhir tahun 2018 nanti ruas tol Trans Jawa yang terbentang dari Merak hingga Pasuruan bisa beroperasi secara penuh, bahkan nantinya bisa diteruskan ke Banyuwangi hingga akhir 2019 nanti.

“Kita berharap nantinya mobilitas orang, mobilitas barang, kemudian biaya logistik akan menjadi lebih murah,” jelas Jokowi.

Presiden Jokowi Kembali Resmikan Tol Trans Jawa di Jatim, Kali Ini Giliran Rembang-Pasuruan )

Selain itu, kata Jokowi, nantinya tol juga harus terintegrasi dengan titik-titik pertumbuhan ekonomi seperti kawasan industri, pelabuhan, maupun kawasan wisata.

"Ini yang ingin kita integrasikan semua sehingga pembangunan jalan tol itu betul-betul berguna dan bermanfaat maksimal," pungkas Jokowi.

Berita di atas sebelumnya telah dipublikasikan di Kompas.com dengan judul Bangun Tol Trans Jawa, Menteri Basuki Dijuluki Presiden Jokowi Sebagai Daendels Baru

Editor: Edwin Fajerial
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved