Pilgub Jatim 2018

Jadwal Kunjungan Masyarakat ke Lapas Diliburkan, Penjagaan Makin Diperketat

Jadwal kunjungan masyarakat ke Lapas diliburkan saat coblosan Pilgub Jatim 2018.

Penulis: M Taufik | Editor: Mujib Anwar
SURYA/M TAUFIK
Kapolres Sidoarjo bersama Kalapas Sidoarjo saat meninjau TPS yang sedang dibangun di dalam Lapas Sidoarjo, Selasa (26/6/2018) sore. 

TRIBUNJATIM.COM, SIDOARJO - Jadwal kunjungan masyarakat ke Lapas Sidoarjo diliburkan pada hari pemungutan suara Pilgub Jatim 2018, Rabu (27/6/2018).

Dalam pelaksanaan Pilgub, pihak lapas mendirikan dua TPS (Tempat Pemungutan Suara) di dalam lapas. Yakni TPS 23 dan TPS 24.

"Dari total warga binaan sebanyak 904 orang, yang mempunyai hak pilih dan masuk DPT (daftar pemilih tetap) ada 480 orang warga binaan," ungkap Jumadi, Kepala Lapas Sidoarjo, Selasa (26/6/2018) sore.

Jumlah itu dibagi dalam dua TPS. Di TPS 23 pemilihnya ada 244 pemilih, sedangkan di TPS 24 sebanyak 236 pemilih.

"Petugasnya dari kami sendiri, dibantu kemanan linmas dan petugas kepolisian," jelasnya.

Dua TPS di Lapas Sidoarjo didesain ala Perayaan Piala Dunia. Sejumlah bendera peserta Piala Dunia 2018 dan pernak-pernik pesta sepakbola sejagat itu mulai dipasang di sana, Selasa sore.

Menurut Jumadi, kemasan tersebut sengaja dibuat untuk menarik warga binaan supaya menggunakan hak pilihnya meski sedang berada di dalam Lapas.

Proses coblosan di Lapas Sidoarjo bakal dimulai sejak pukul 07.00 WIB.

Sejak jam tersebut, petugas mulai mengumumkan ke warga binaan agar segera datang ke TPS untuk menggunakan hak suaranya.

Mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, semua petugas Lapas wajib masuk. Tidak ada yang boleh libur di hari pemungutan suara Pilgub Jatim. "Yang diliburkan adalah jadwal kunjungan," tandasnya.

Potensi kerawanan maupun kemungkinan ada tahanan kabur dirasa minim. Selain karena TPS berada di dalam Lapas, penjagaan ketat dari petugas lapas maupun dari pihak kepolisian juga bakal diberlakukan maksimal.

"Untuk rumah tahanan di kantor polisi dan sebagainya dan di rumah sakit ada TPS keliling. Jadi para tahanan maupun warga yang sedang sakit, tetap bisa menggunakan hak pilihnya," kata Kapolresta Sidoarjo Kombespol Himawan Bayu Aji di sela Sidak di TPS Lapas Sidoarjo, Selasa sore.

Secara total, disebutnya ada 2.887 TPS di Sidoarjo yang semua sudah dijaga oleh aparat kepolisian. Personil sudah digeser ke TPS-TPS sejak Senin kemarin.

"Ada juga patroli ke TPS-TPS serta ke berbagai wilayah untuk memantau semua proses pemungutan suara. Termasuk TPS di dalam Lapas atau Rutan," jelas Himawan.

Di Sidoarjo, ada Rutan Medaeng, Lapas Sidoarjo dan Lapas Porong yang menjadi perhatian polisi.

"Dari pantauan sejauh ini semua dalam kondisi aman. Termasuk logistik dan sebagainya, semua siap dan terkendali," tegasnya. (Surya/Ufi)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved