MPM Gelar Seleksi Regional Astra Honda Motor Best Student Ke-15

PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM), distributor sepeda motor Honda wilayah Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur mengadakan seleksi siswa.

MPM Gelar Seleksi Regional Astra Honda Motor Best Student Ke-15
TRIBUNJATIM.COM/ARIE NOER RACHMAWATI
Para pemenang Seleksi Astra Honda Motor Best Student (AHMBS) 2018 regional Jawa Timur di Hotel Papilio, Kamis (28/6/2018). 

Laporan wartawan TribunJatim.com, Arie Noer Rachmawati

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM), distributor sepeda motor Honda wilayah Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur mengadakan seleksi siswa dan siswi tingkat SMA/SMK yang memiliki potensi mengembangkan diri melalui dunia wirausaha.

Seleksi bagi wirausaha muda ini digelar dalam rangkaian program Astra Honda Motor Best Student (AHMBS) 2018 untuk mencari generasi muda hebat yang siap berkarya dan memberikan manfaat untuk masyarakat dan bangsa.

Memasuki tahun penyelenggaraan ke-15, AHMBS kini menjadi kompetisi bergengsi antar pelajar yang paling ditunggu-tunggu setiap tahun.

Seleksi bagi para pelajar SLTA di seluruh Indonesia ini mulai dibuka pada Februari hingga Mei 2018. Sementara, seleksi AHMBS wilayah regional Jawa Timur dilaksanakan di MPM Learning Centre Sedati pada 28 Juni 2018.

Corporate Secretary Head MPM, Vinensia Kenanga menjelaskan, tahun ini, AHMBS mengangkat tema The Millennial Race of Young Entrepreneur yang mencerminkan ketatnya kompetisi antar generasi milenial dalam mengoptimalkan potensi kewirausahaan yang dimiliki.

"Sesuai karakter anak muda terkini, para peserta kompetisi tahun ini didorong untuk memaksimalkan kreativitas dan pemanfaatan dunia digital dalam memajukan usahanya," ujarnya disela-sela acara, Kamis (28/6/2018).

Para pelajar yang mengikuti kompetisi itu, lanjutnya, diuji ide dan kemampuan wirausahanya dengan beberapa kriteria.

Meliputi tingkat kebaruan ide dan produk, peningkatan kualitas dan kreativitas produk di pasar, dampak bisnis bagi masyarakat, pencapaian bisnis yang tercermin dari penjualan, biaya, serta keuntungan.

"Selain itu, dinilai juga kemampuan dalam strategi bisnis, analisis pasar, analisis persaingan, dan pengelolaan hubungan pelanggan," imbuhnya.

Vinensia juga mengungkapkan seleksi menjadi semakin ketat seiring dengan penilaian secara menyeluruh terhadap kemampuan wirausaha muda ini dalam mengelola bisnisnya.

Mulai dari aspek pemasaran, keuangan, operasional, hingga SDM. Mereka pun juga harus mampu menyusun sistematika proposal bisnis secara jelas dan terperinci yang menggambarkan model bisnis kepada para calon investor dalam simulasi bisnis.

"Dalam kompetisi AHMBS regional ini diawali dengan seleksi karya yang dikirimkan ke MPM. Dari karya bisnis yang sudah dikirimkan diseleksi menjadi 20 karya yang akan mengikuti seleksi tingkat regional," jelas Vinensia.

Di regional Jawa Timur, sebanyak 85 makalah yang dikirimkan ke MPM dari 25 sekolah baik itu SMA maupun SMK yang berada di Malang, Madiun, Magetan, Pasuruan, Probolinggo, hingga Surabaya.

"Para peserta ditantang tidak hanya dari segi bisnis yang sudah dijalani, namun juga dari segi kemampuan memasarkan bisnisnya melalui sosial media. Satu siswa yang telah lolos seleksi di regional akan mengikuti seleksi nasional mewakili MPM pada bulan Agustus mendatang," pungkasnya.

Penulis: Arie Noer Rachmawati
Editor: Edwin Fajerial
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved