Samsung Electronics Indonesia Inovasikan IoT Lewat Mesin Cuci hingga Vacuum Cleaner

PT Samsung Electronics Indonesia terus berupaya berinovasi dengan menghadirkan Internet of Things (IoT) yang diaplikasikan ke perabotan elektronik.

TRIBUNJOGJA.COM/Yudha Kristiawan
Ilustrasi produk Samsung 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Arie Noer Rachmawati

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - PT Samsung Electronics Indonesia terus berupaya melakukan inovasi dengan menghadirkan inovasi Internet of Things (IoT) yang diaplikasikan ke perabotan elektronik, seperti televisi, mesin cuci, hingga vacuum cleaner.

Upaya ini dilakukan karena berkaca dari pengalaman keluarga modern di area perkotaan yang saat ini terhubung dengan teknologi yang bisa memudahkan pekerjaan rumah.

Tak hanya itu, berdasarkan data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tentang penetrasi dan perilaku pengguna internet Indonesia tahun 2017, sebanyak 72,41 persen pengguna internet di Indonesia tinggal di area perkotaan.

Baca: Pasca Lebaran, Tren Gadai Barang Emas hingga Perabotan Elektronik Mulai Bergeliat Kembali

Artinya sebagian masyarakat urban terbiasa dengan penggunaan internet dan teknologi, termasuk para orang tua.

Head of Consumer Electronics Retail Marketing Samsung Electronics Indonesia, Rozalis Affan Sandang mengungkapkan, inovasi IoT yang diterapkan sebenarnya sudah berjalan kurang lebih sekitar lima tahun.

Modern Parenting with Samsung Internet of Things di Hartono Kertajaya Indah Surabaya, Kamis (5/7/2018).
Modern Parenting with Samsung Internet of Things di Hartono Kertajaya Indah Surabaya, Kamis (5/7/2018). (TRIBUNJATIM.COM/ARIE NOER RACHMAWATI)

Akan tetapi, untuk commercial session baru berjalan selama dua tahun ini.

"Produk kami yang telah terintegrasi dengan internet ini, bisa dibilang sebagai wujud kami untuk menciptakan peluang bagi konsumen untuk melakukan lebih banyak hal. Misalnya, sedang nyuci baju sambil mengurus anak. Karena adanya IoT ini sudah bisa dikontrol melalui smartphone," terangnya saat Media Parenting with Samsung Internet of Things di Hartono Kertajaya Indah, Surabaya, Kamis (5/7/2018).

Baca: LG Electronics Indonesia Dongkrak Penjualan Segmen Premium Lewat Seri G7 Plus ThinQ

Rozalis melanjutkan, selain itu, kehadiran IoT dalam produk Samsung, juga karena berkaca dari pengalaman keluarga modern.

"Dimana mereka ingin memanfaatkan waktunya se-efisien mungkin, sembari melakukan pekerjaan rumah. Seperti menyuci baju ataupun membersikan rumah. Nah dengan adanya vacuum cleaner IoT, bisa dicek lewat smartphone. Ini bisa menjadi pilihan," jelasnya.

Adapun produk-produk Samsung terbaru yang menggunakan IoT, menutur Rozalis di antaranya, QLED TV, mesin cuci AddWash, dan vacuum clenaer POWERbot.

Baca: Tunjukkan Kemampuan, Lee Chae Yeon Produce 48 Dinilai seperti Penari Profesional daripada Idol

"Ke depan tidak dipungkiri, kami bakal mengeluarkan inovasi terbaru sesuai dengan perkembangan teknologi yang ada. Bisa saja kulkas yang bisa dikendalikan lewat smartphone," tukasnya.

Yuk subscribe YouTube Channel TribunJatim.com

Penulis: Arie Noer Rachmawati
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved