Saksikan Gelar Seni Budaya Daerah Nganjuk, Sekdaprov Jatim Bangga pada Generasi Muda

Sekdaprov Jatim, Akhmad Sukardi, membuka Gelar Seni Budaya Daerah Kabupaten Nganjuk di Taman Budaya Cak Durasim Surabaya, Jumat (13/7/2018) malam.

ISTIMEWA
Sekdaprov Jatim, Akhmad Sukardi saat menghadiri Gelar Seni Budaya Daerah Kabupaten Nganjuk di Taman Budaya Cak Durasim Surabaya, Jumat (13/7/2018) malam. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jatim, Akhmad Sukardi, membuka Gelar Seni Budaya Daerah Kabupaten Nganjuk di Taman Budaya Cak Durasim, Jalan Gentengkali No 85, Surabaya.

Dalam sambutannya, Sukardi mengatakan bahwa dirinya merasa bangga dan senang karena masih ada generasi muda yang menggemari kesenian dan budaya bangsa.

Dirinya berharap, kondisi tersebut terus dipertahankan sehingga kesenian dan budaya bangsa bisa dilestarikan hingga di masa mendatang.

“Siapa lagi yang akan melestarikan dan mengembangkan budaya warisan leluhur, kalau bukan kita dan anak-anak kita.

Harus bangga dengan kesenian yang ada di daerah. Apalagi dengan kesenian kita bisa hidup guyub dan rukun dengan sesama," ujarnya, Jumat (13/7/2018) malam.

Baca: Jadi Bupati Trenggalek Jika Emil Dardak Resmi Terpilih di Pilgub Jatim, Gus Ipin: Tidak Ada Masalah

Dalam acara tersebut, para remaja dari Kabupaten Nganjuk tampil dengan apik dan enerjik.

Kegiatan gelar seni budaya daerah ini rutin diselenggarakan setiap bulan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Jatim.

Harapan diadakannya pentas tersebut adalah dapat memperkuat promosi seni budaya, pariwisata dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Jatim.

Tidak hanya itu, ajang tersebut juga diharapkan mampu bersaing dengan produk anggota Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang saat ini tengah gencar merambah pasar dalam negeri.

“Kami terus mendorong dan kembangkan seni budaya dan memperluas pasar produk UMKM, serta memperkuat posisinya agar ke depan mampu bersaing dengan produk-produk anggota MEA,” harap Sukardi.

Selain mengembangkan dan mempromosikan, Pemprov Jatim juga berupaya menjadi fasilitator, regulator dan garda terdepan dalam memajukan seni budaya Jatim.

Termasuk dalam hal melindungi dan mendorong kreativitas para pelaku seni, budayawan hingga tercipta kreasi-kreasi seni baru yang atraktif, kreatif dan komunikatif.

Baca: Viral Video 2 Bocah 13 Tahun di Kalimantan Duduk di Pelaminan, Ini 6 Dampak Negatif Pernikahan Dini

Dari gambaran tersebut, Sukardi menilai tidaklah salah apabila para bupati dan walikota menciptakan event seni budaya sebagai sarana untuk mengembangkan dan mempromosikan daerahnya.

Termasuk menjaga harmonisasi sosial untuk menggerakkan perekonomian masyarakat agar tumbuh dan mampu mengurangi kesenjangan.

Sementara itu, Pj. Bupati Nganjuk, Sujono, menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Jatim yang telah memberi kesempatan kepada Pemerintah Kabupaten Nganjuk untuk menggelar karya seni dan produk unggulan daerahnya.

“Acara gelar seni budaya daerah bukan saja sebagai ajang untuk memamerkan hasil karya seni dan produk unggulan daerah, tetapi juga sebagai ajang silaturahim masyarakat Kabupaten Nganjuk yang mencari kehidupan di Surabaya,” ungkapnya.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved