Siswa SMAN 1 Kota Kediri Raih Medali Perak Lomba Inovasi Internasional di Malaysia

Dua pelajar SMAN 1 Kota Kediri Shona Faiqa Febiastuti dan Aulia Fidia Syahrina raih medali silver di Selangor, malaysia

Siswa SMAN 1 Kota Kediri Raih Medali Perak Lomba Inovasi Internasional  di Malaysia
(Surya/Didik Mashudi)
Dua pelajar SMAN 1 Kota Kediri Shona Faiqa Febiastuti dan Aulia Fidia Syahrina memperoleh medali silver dalam ajang International Young Scientist Innovation Exhibition di Selangor, Malaysia. 

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Dua pelajar SMAN 1Kota Kediri Shona Faiqa Febiastuti dan Aulia Fidia Syahrina memperoleh medali silver dalam ajang International Young Scientist Innovation Exhibition yang di Selangor, Malaysia.

Pelajar yang duduk di bangku kelas XI ini membuat penemuan baru yang diberi nama The Organic Antiseptic Hand Sanitizer Wipes yakni tissu yang berkasiat dapat menurunkan panas tubuh dan menyerap virus serta bakteri.

Ajang International Young Scientist Innovation Exhibition ini diselenggarakan tanggal 9-13 Juli di Selangor, Malaysia.

Berkat prestasi yang diraih di ajang internasional Shona dan Aulia diterima di rumah dinas Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar, Senin (16/7/2018).

Shona dan Aulia menceritakan penelitian ini berawal dari kecintaan mereka berdua dengan dunia penelitian. Kemudian di SMA Negeri 1 Kediri diberikan wadah bagi siswa-siswi yang menyukai karya ilmiah yang diberi nama OASE.

Baca: Sebelum Akhiri Konser di Jakarta, WANNA ONE Janji akan Kembali Lagi ke Indonesia

Dalam penelitiannya, Shona dan Aulia memanfaatkan bawang merah dan blimbing wuluh sebagai antiseptik pada penelitiannya.

Hand Sanitizer Wipes yang dibuatnya telah melalui beberapa uji laboratorium bahkan diujikan kepada bakteri dan hasilnya memang bagus. Sehingga hasil penelitian ini berhasil mewakili Indonesia di ajang internasional tersebut.

Prestasi yang diraih kedua siswi ini membuat Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar bangga. Apalagi kedua siswi asal Kota Kediri ini menorehkan prestasi sebagai juara kedua di tingkat internasional.

“Sebagai kepala daerah saya senang sekali anak-anak di Kota Kediri dapat menorehkan prestasi yang luar biasa,” ujarnya kepada Tribunjatim.com.

Mas Abu mengungkapkan dengan mengikuti ajang internasional seperti ini dapat menaikkan competitiveness dari siswa-siswa.

“Anak-anak ini tidak hanya belajar saja namun juga bisa mengimplementasikan. Anak-belajar biologi dan kimia lalu dapat mengaplikasikannya menjadi produk yang bermanfaat bagi masyarakat bahkan diakui hingga tingkat internasional,” ungkapnya kepada Tribunjatim.com.

Baca: Universitas Jember Kirim Mahasiswa Ikuti KKN Kebangsaan di Lampung, Usung Program Ini

Mas Abu berharap kedepan akan bermunculan anak-anak yang mengharumkan nama Kota Kediri di tingkat internasional.

“Semoga ke depan semakin banyak pelajar atau mahasiswa di Kota Kediri yang melakukan penelitian bermanfaat untuk masyarakat seperti ini. Kami dari Pemerintah Kota Kediri pastinya akan selalu mendorong anak-anak ini meskipun exhibitionnya jauh pasti akan tetap kita support,” imbuhnya.(dim)

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved