Pilgub Jatim 2018

Kenang Sosok Kiai Hasyim Muzadi, Khofifah: Beliau Sampaikan Islam Rahmatan Lil Alamin

Gubernur Jawa Timur terpilih periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa mengenang sosok Kiai Hasyim Muzadi

Kenang Sosok Kiai Hasyim Muzadi, Khofifah: Beliau Sampaikan Islam Rahmatan Lil Alamin
TRIBUNJATIM.COM/AQWAMIT TORIK
Khofifah Indar Parawansa menghadiri syukuran yang digelar di halaman kediaman H Masnuh, Ketua Tim Pemenangan Khofifah-Emil, di Waru Sidoarjo. 

 TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Calon Gubernur Jawa Timur terpilih periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa mengenang sosok Kiai Hasyim Muzadi sebagai pemberi pencerahan tentang Islam rahmatan lil alamin.

Hal itu ia sampaikan saat acara Silaturahmi bersama Khofifah Indar Parawansa dan Launching Buku Islam Rahmatan lil Alamin Bubga Rampai Pemikiran dan Aksi Dr KH A Hasyim Muzadi yang ditulis oleh Kh Misbahus Salam, di City Forest and Farm H Arum Sabil, Jember, Selasa (17/7/2018).

"Beliau speaker bagi dunia untuk menyampaikan Islam adalah agama yang penuh kasih dan damai. Atau dalam Islam kita menyebut Islam rahmatan lil alamin," kata Khofifah.

Baca: Kiai Yazid Jember Sebut Perjuangan untuk Khofifah Belum Selesai

Dikatakan Khofifah, Kiai Hasyim Muzadi almarhum tak terhitung datang ke berbagai forum internasional untuk meluruskan pemahaman yang salah tentang konsep negara islam dan negara yang mayoritas penduduknya adalah orang Islam.

"Dua hal ini beda lho, saya juga hadir dalam forum internasional enam bulanan, mereka banyak membahas tentang Islamic Country, padahal yang dibahas itu Moeslem Country," katanya.

Seperti Indonesia, misalnya. Dikatakan Khofifah Indonesia ini bukan negara Islam, tapi negara yang mayoritas beragama Islam.

Di forum-forum internasional seperti inilah, dikatakan Khofifah Kiai Hasyim dan juga sosok Gus Dur banyak hadir. Mereka membangun persepsi masyarakat terkait bagimana Islam mengajarkan penganutnya penuh kasih.

"Beliau keliling dunia, ke banyakforum internasional beliau juga mendirikan ICIS (international conference of islamic scholar). Para scholars dunia disatukan, dan beliau bisa membangun persepsi dunia tentangg islam yang damai yang penuh kasih," imbuhnya.

Di sisi lain kalau pun ada pendapat atau pengalaman yang tidak bersering dengan apa yang diajarkan di Al Quran maka harus dibedakan penganut dan ajarannya.

Baca: Persebaya Kembali Berhadapan Dengan PSMS Medan, Alfredo Vera : Selalu Ketat Dan Tidak Mudah

Selain itu, dalam mengenang sosok Hasyim Muzadi, Khofifah tampak beberapa kali terharu. Terutama saat Arum Sabil dan juga Kiai Afiduddin menyinggung tentang sosok Kiai Hasyim Muzadi yang getol mendorong Khofifah agar maju menjadi gubernur Jawa Timur.

"Andai Kiai Hasyim Muzadi ada di sini tentulah beliau sangat bahagia," ucap Arum Sabil.

Ia mengatakan di City Forest and Farm ia sempat meminta KH Hasyim Muzadi untuk menanam tanaman. Dan Kiai Hasyim Muzadi memilih untuk menanam buah nangka.

"Saat saya tanya kenapa nangka. Beliau menjawab, meski wangi belum tentu bisa dimakan buahnya. Sama seperti pilgub kemarin, saat kampanye semua wangi, tapi kita tahu sekarang kita mendapat pemimpin yang memegang teguh agama seperti Bu Khofifah," kata Arum Sabil. (Surya/fatimatuz zahroh)

Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved