Gagal Kelola SMA, Dinas Pendidikan Kota Blitar Terapkan Pendidikan Gratis untuk TK

kini Dinas Pendidikan Kota Blitar mencoba menerapkan pendidikan gratis di tingkat TK. Dinas Pendidikan

Gagal Kelola SMA, Dinas Pendidikan Kota Blitar Terapkan Pendidikan Gratis untuk TK
Tribunjatim.com/Ani Susanti
TK Sekolah Alam Insan Mulia 

 TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Setelah tidak bisa menerapkan pendidikan gratis di tingkat SMA karena pengelolaannya beralih ke provinsi, kini Dinas Pendidikan Kota Blitar mencoba menerapkan pendidikan gratis di tingkat sekolah TK.

Dinas Pendidikan mengubah status beberapa sekolah TK swasta menjadi TK negeri untuk menerapkan pendidikan gratis.

Saat ini, sedikitnya ada 17 TK di Kota Blitar yang statusnya diubah dari swasta menjadi negeri. Sejumlah TK negeri itu mendapatkan fasilitas pendidikan gratis dari Pemkot Blitar.
Mulai biaya masuk, uang SPP, seragam, buku, dan perlengkapan lainnya dicukupi oleh Dinas Pendidikan. Siswa tinggal masuk tanpa dipungut biaya.

"Sekarang ada 17 TK negeri di Kota Blitar yang mendapat fasilitas pendidikan gratis. Saat ini, kami belum ada rencana menambah TK negeri lagi," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Blitar, Dindin Alinurdin, Senin (23/7/2018).

1000 Lebih Bacaleg Daftar untuk DPRD Jatim, Bagaimana Peluangnya?

Dindin mengatakan masih ada pekerjaan rumah yang harus dituntaskan dinas setelah menegerikan beberapa TK. Terutama soal gedung dan prasarana di TK. Kondisi gedung TK yang sudah dinegerikan rata-rata tidak memenuhi syarat. Tahun ini, dinas fokus merenovasi bangunan gedung TK.

"PR besar kami saat ini memperbaiki sarana dan prasarana serta merenovasi gedung TK. Selama ini sarana prasaran dan gedung TK tidak terawat dengan baik. Anggarannya lumayan besar," ujarnya.

Dikatakannya, tahun ini ada 12 TK yang menjalani renovasi. Dinas menyediakan anggaran sekitar Rp 510 juta untuk perbaikan 12 TK. Sedangkan lima TK negeri lainnya akan direnovasi pada 2019.

Selain itu, dinas juga sedang menata tenaga pengajar di TK negeri. Masih banyak tenaga pengajar di TK negeri statusnya belum pegawai negeri sipil.

Secara bertahap, dinas mengalihkan tenaga yang belum PNS ke TK swasta.

"Sekarang yang menjadi evaluasi kami soal posisi TK swasta setelah dinas menerapkan pendidikan gratis di sejumlah TK negeri. Kami khawatir TK swasta tidak dapat siswa, karena orang tua mendaftarkan ke TK negeri," katanya.

Untuk itu, dinas belum ada rencana menambah TK negeri lagi di Kota Blitar. Dinas masih fokus menata sarana dan prasarana di sejumlah TK yang baru dinegerikan. Selain itu, dinas juga masih mengevaluasi dampak pendidikan gratis untuk TK negeri terhadap TK swasta.

Lagi Viral, Live Dari Ruang Karaoke di Tulungagung Menampilkan Tarian Erotis dan Pesta Miras

"Sementara 17 TK dulu, sambil berjalan akan kami tata dan evaluasi. Yang penting tiap kelurahan minimal ada satu TK negeri.

Sekarang masih ada lima kelurahan yang belum memiliki TK negeri," katanya.

Sekadar diketahui, selama ini, Pemkot Blitar menerapkan pendidikan gratis mulai SD, SMP, dan SMA. Tetapi, sejak pengelolaan SMA diambilalih provinsi, Pemkot Blitar tidak bisa lagi menerapkan pendidikan gratis di tingkat SMA. Mulai tahun ini, Pemkot Blitar mencoba menerapkan pendidikan gratis di tingkat TK. (Sha)

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved