BKSDA Kembali Sita Buaya Muara Milik Warga Jember, saat Dievakuasi Tegang dan Meronta-ronta

Buaya muara milik warga jember tegang dan meronta-ronta saat dievakuasi oleh BKSDA.

BKSDA Kembali Sita Buaya Muara Milik Warga Jember, saat Dievakuasi Tegang dan Meronta-ronta
SURYA/ERWIN WICAKSONO
Buaya muara yang berhasil disita oleh Polsek Jenggawah dan BKSDA Jember, Kamis sore (26/7/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Setelah sebelumnya berhasil mendapatkan buaya muara dari tangan seorang warga di Kecamatan Silo, Balai Konserfasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Jember kembali berhasil mengamankan seekor buaya milik seorang warga bernama Siti Aminah. Jalannya evakuasi buaya juga didampingi oleh petugas kepolisian dari Polsek Jenggawah, Jember.

Sang pemilik buaya muara adalah warga yang berdomisili di Dusun Krajan, Desa Ajung, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember.

Sontak, jalannya evakuasi buaya yang dilindungi tersebut menjadi tontonan warga sekitar yang ingin melihat secara langsung.

Suasana jadi menegangkan saat buaya yang hendak dievakuasi terlihat meronta-ronta.

Kanit Reskrim Polsek Jenggawah Ackmad Rinto menuturkan, pihaknya mendapat laporan dari warga. Bahwa ada seorang warga yang memelihara buaya. Setelah dilakukan penyelidikan, informasi tersebut ternyata benar.

Sehingga dia bersama anggota memeriksa semua sudut ruangan, dan disana Rinto menemukan buaya berjenis kelamin jantan.

"Kami juga memeriksa pemilik, terkait asal muasal buaya dan motifnya memelihara hewan yang dilindungi tersebut," ujarnya, Kamis sore (25/7/2018).

Kepada polisi, pemilik mengaku bahwa sudah memliki memelihara buaya sejak 3,5 tahun lalu. Buaya itu diberi makan daging seadanya.

"Infonya sih sudah lama ya sekitar 3,5 tahun lalu dia pegang buaya. Selama itu sang pemilik beri makan seadanya kepada buaya," tambahnya.

Sementara itu, petugas BKSDA Jawa Timur Ariyanti mengatakan bahwa satwa buaya yang dievakuasi itu selanjutnya akan ditampung di Wana Konservasi BKSDA Malang.

"Ya ini adalah yang kedua ya, selain di rumah Siti Aminah, petugas juga juga menyita seekor buaya muara pada hari rabu di rumah seorang warga di Silo, selanjutnya si buaya akan kami pindahkan ke Wana Konservasi BKSDA di Malang" tegasnya. (Surya/Erwin Wicaksono)

Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved