BPK Temukan Miliaran Anggaran Pembangunan Gedung PGRI Situbondo Tumpang Tindih

Miliaran anggaran pembangunan Gedung PGRI Situbondo ternyata tumpang tindih berdasar temuan BPK RI.

BPK Temukan Miliaran Anggaran Pembangunan Gedung PGRI Situbondo Tumpang Tindih
SURYA/IZI HARTONO
Gedung PGRI Situbondo 

TRIBUNJATIM.COM, SITUBONDO - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI menemukan adanya tumpang tindih anggaran pembangunan gedung PGRI Kabupaten Situbondo.

Sumber Surya (Grup TribunJatim.com) menjelaskan, dari hasik pemeriksaan, BPK menemukan adanya anggaran tumpang tindih dalam pembangunan gedung PGRI di Situbondo, antara bantuan anggaran hibah dari APBD dengan dana pemotongan guru.

"Selain BPK menemukan tumpang tindih anggaran, BKP juga menemukan adanya pengurangan volume. Sehingga PGRI harus memgembalikan temuan sebesar Rp 168 juta," ujarnya sumber yang juga Anggota DPRD Situbondo ini.

Untuk pembangunan gedung PGRI, lanjutnya, pada tahun 2015 Pemkab telah mengelontorkan dana hibah sekitar sebesar Rp 2,4 miliar.

Sedangkan pada tahun 2017, Pemkab Situbondo kembali mengelontorkan dana hibah pembangunan gedung PGRI sebesar Rp 2,5 miliar.

Selain dana hibah, PGRI Situbondo melakukan pemotongan terhadap para guru untuk pembangunan gedung PGRI. Bahkan dari potongan gaji guru jumlah uang yang terkumpul mencapai sebesar Rp 3,4 miliar.

"Jadi total dana hibah Pemkab dengan potongan guru seluruhnya mencapai sebesar Rp 8,3 miliar," bebernya.

Untuk itu, Komisi IV DPRD Situbondo akan agar memanggil pihak terkait untuk mempertanyakan dasar pemotongan para guru kepada Ketua PGRI dan Kepala Dinas Pendidikan.

"Dinas Pendidikan dan PGRI harus bisa menjelaskan dasar pemotongan para guru itu," tegasnya.

Dikonfirnasi hal itu, Kepala Dinas Pendidikan Situbondo Fathor Rahman mengatakan, pihaknya telah menjelaskan dan mengklarifikasi temuan BPK itu.

"Itu sudah clear dan tidak ada masalah, untuk temuan pengembalian sudah diselesaikan," ucapnya. (Surya/ izi hartono)

Penulis: Izi Hartono
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved