Berita Artis Korea

Tuding Penulis Drama 'Hwayugi' Plagiat, Ttangbyeol Tempuh Jalur Hukum

Seorang penulis novel internet bernama panggung Ttangbyeol menyatakan telah mengambil langkah hukum untuk melawan penulis drama "Hwayugi."

Tuding Penulis Drama 'Hwayugi' Plagiat, Ttangbyeol Tempuh Jalur Hukum
viki.com
Drama "Hwayugi" 

TRIBUNJATIM.COM - Seorang penulis novel internet bernama panggung Ttangbyeol menyatakan telah mengambil langkah hukum untuk melawan penulis drama "Hwayugi."

Ttangbyeol memiliki nama asli Jung Eun Sook.

Ttangbyeol menuntut Hong Jung Eun dan Hong Mi Ran atau yang terkenal dengan nama Hong bersaudara, yang merupakan penulis cerita drama "Hwayugi" dengan tuduhan plagiat.

Pada Maret, Ttangbyeol memposting tulisan blog yang menunjukkan kesamaan antara novelnya yang berjudul "Aeyugi" dengan drama "Hwayugi."

Baru Tayang, Drama Hwayugi Sudah Buat Kesalahan Paling Memalukan di Industri Penyiaran Korea

Dua cerita itu diadaptasi dari novel klasik Tiongkok berjudul "Journey to the West."

Hong Jung Eun dan Hong Mi Ran sebelumnya memberikan tanggapan bahwa mereka belum pernah melihat novel internet "Aeyugi."

Selain itu, cerita "Hwayugi" juga sudah ada dalam konsep sebelum novel "Aeyugi" terbit.

Dilansir Grid.ID (TribunJatim.com Network) dari Soompi, baru-baru ini Ttangbyeol mengumumkan melalui postingan blog lainnya bahwa dia sudah mengajukan tuntutan secara hukum kepada Hong Jung Eun dan Hong Mi Ran.

Dramanya Raih Rating Tinggi, Hwayugi Diterpa Isu Plagiarisme, Penulis Hong Sister Angkat Bicara

"Aku secara hukum mengajukan tuntutan plagiarisme untuk 'Hwayugi' karena aku mendapatkan pendapat profesional bahwa meski mereka masih ide, mereka dilindungi hak cipta. Karena Hong bersaudara yang menulis 'Hwayugi' sudah menyangkal semuanya, aku akhirnya memutuskan untuk mengajukan tuntutan hukum secara resmi," tulisnya.

Drama
Drama "Hwayugi" (jazminemedia.com)

Penulis novel internet ini juga mengatakan bahwa dia tidak bisa menceritakan rincian informasi terkait tuntutannya.

"Aku hanya akan mengatakan sampai sini karena aku sudah diberitahu bahwa memposting informasi rinci bisa mempengaruhi pengadilan. Tapi aku akan mengungkapkan bahwa jumlah masalah yang dimasukkan ke dalam tuntutan sudah bertambah menjadi 22 karena aku menolak jumlah asli yaitu 10. Sisi manapun itu, keadilan akan terlihat di pengadilan," jelas Ttangbyeol.

Pulau Komodo Sempat Masuk Daftar Keajaiban Dunia, Gili Lawa Darat Kini Menghitam, Lihat Videonya

Studio Dragon, perusahaan produksi drama "Hwayugi" menyatakan bahwa mereka sudah menghubungi Hong bersaudara untuk tanggapannya.

Drama "Hwayugi" sendiri merupakan drama comeback Lee Seung Gi usai wamil.

Selain Lee Seung Gi, drama ini diperankan oleh sejumlah aktor dan aktris ternama seperti Cha Seung Won, Oh Yeon Seo,  Lee Hong Ki FTIsland, Jang Gwang, Song Jong Ho, Bora ex SISTAR, Sung Hyuk, dan banyak lain.

Berita di atas sebelumnya telah dipublikasikan di Grid.ID dengan judul Penulis Drama Hwayugi Dituding Plagiat, Sampai ke Jalur Hukum nih!

Editor: Dwi Prastika
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved