Pileg 2019

38 Bacaleg di Lamongan Tidak Lolos Persyaratan

Ketua Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Lamongan, Imam Ghozali kepada Tribunjatim.com, Rabu (8/8/2018) mengatakan, keseluruhan,

Surya/hanif manshuri
Kantor KPU Lamongan jalan Basuki Rahmat. 

TRIBUNJATIM.COM, LAMONGAN - Sebanyak 38 Bacaleg dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) dari 591 Bacaleg yang diajukan oleh 15 parpol di Lamongan.

Sementara Bacaleg yang hampir separuh gugur adalah Bacaleg Partai Berkarya. Dan ini menjadi salah satu parpol yang terbanyak Bacalegnya dinyatakan Tidak memenuhi syarat (TMS).

Ketua Komisi Pemilihan Umum ( KPU)  Lamongan, Imam Ghozali kepada Tribunjatim.com, Rabu (8/8/2018) mengatakan, keseluruhan, ada sebanyak 38 Bacaleg yang dinyatakan TMS dari 591 Bacaleg yang diajukan oleh 15 parpol di Lamongan.

Selain Partai Berkarya, partai lainnya yang Bacalegnya juga dinyatakan TMS adalah Partai Garuda sebanyak 3 Bacaleg dari sebanyak 6 Bacaleg yang diajukan.

Tujuh Pemain Persebaya Absen Lawan Barito Putera di Banjarmasin

PKS dari 38 Bacaleg yang diajukan 3 diantaranya dinyatakan TMS, Perindo dari 50 Bacaleg 5 diantaranya dinyatakan TMS, Hanura 1 Bacaleg dinyatakan TMS dan PBB 2 Bacaleg dinyatakan TMS.

"Total Bacaleg yang dinyatakan TMS sebanyak 38 Bacaleg," ungkap Imam.

Imam menambakan, Bacaleg yang dinyatakan TMS tersebut kebanyakan karena tidak memenuhi salah satu persyaratan yang diharuskan atau berkas dinyatakan tidak mencukupi. Beberapa persyaratan tersebut diantaranya, adalah legalisir ijasah terakhir.

"Ada juga TMS karena tidak sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018," katanya.

Yakni tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan Kota dimana mantan koruptor, mantan bandar narkoba, dan mantan pelaku kejahatan seksual anak, tidak diperbolehkan mendaftarkan diri menjadi anggota legislatif, baik tingkat kota/kabupaten, provinsi atau pusat dalam tahapan Pemilu 2019.

Kebanyakan para Bacaleg ini karena ijazah terakhir yang tidak dilegalisir dan ada juga 2 Bacaleg yang kami nyatakan TMS karena PKPU.

Peduli Musibah Gempa di Lombok, Bonek Adakan Aksi Penggalangan Dana, Simak Info Lengkapnya!

Halaman
12
Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved