Breaking News:

Bambang Haryo Akan Dorong Risma Kembalikan Deviden dari PDAM Surabaya untuk Penggantian Pipa

Anggota Komisi V DPR RI, Bambang Haryo mengatakan dirinya akan mendorong Pemkot Surabaya agar lebih memperhatikan PDAM Surabaya.

TRIBUNJATIM.COM/SOFYAN ARIF CANDRA SAKTI
Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Gerindra, Bambang Haryo saat kunjungan ke Instalasi Pengolahan Air Ngagel III PDAM Surya Sembada didampingi Dirut PDAM Surya Sembada, Mujiaman, Selasa (14/8/2018). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Anggota Komisi V DPR RI, Bambang Haryo mengunjungi instalasi Pengolahan Air Ngagel III PDAM Surabaya, Selasa (14/8/2018).

Dalam kesempatan tersebut, Bambang mengatakan dirinya akan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya agar lebih memperhatikan PDAM Surabaya, terutama dalam support anggaran.

Pasalnya dari hasil pertemuan dengan Dirut PDAM Surya Sembada, Mujiaman, Bambang Haryo mengatakan saat ini PDAM Surabaya perlu bantuan untuk perawatan dan penggantian pipa.

"Pipanya ini sudah tua, dari zaman Belanda sepanjang 6000 km, kemampuan PDAM untuk mengganti cuma 10 km pertahun karena keterbatasan anggaran," kata Bambang Haryo.

Pria Tambak Asri Dua Kali Lakukan Penggelapan Kendaraan, Polisi Sebut Hasil Uangnya untuk Sewa PSK

Saat ini politisi dari partai Gerindra tersebut mengatakan bahwa PDAM Surabaya sudah menaikkan menjadi 45 km pertahun.

Namun hal tersebut belum cukup karena dari panjang 6000 km, setidaknya, dikatakan Bambang, pertahun harus ada penggantian pipa sepanjang 100 km.

"Anggarannya itu 0 rupiah dari pemerintah, bahkan PDAM justru memberikan deviden Rp 100 miliar setiap tahun ke Pemkot. Mungkin nanti saya akan bicara dengan ibu wali kota agar mengembalikan saja deviden itu untuk penggantian jaringan pipa," tambah Bambang.

56 Produk Kosmetik Berbahaya Hasil Rilis BPOM Mulai 2009 hingga 2018, di Antaranya Merek Terkenal!

Lebih lanjut deviden yang dikembalikan tersebut nantinya bisa digunakan PDAM untuk menambah reservoar agar debit air menjadi lebih besar.

"Kalau perlu ditambah anggaran APBDnya. Anggaran kita Rp 8 triliun lebih, bisa diberikan sebagian untuk PDAM," lanjut Bambang.

Karena penggantian pipa tersebut, menurut Bambang memang membutuhkan anggaran yang besar yaitu Rp 1,4 miliar per kilometer nya.

Jika pipa PDAM Surabaya dalam kondisi baik, maka bisa meminimalisasi kebocoran air yang saat ini mencapai 3300 liter per detik.

Pinjam Lalu Gadaikan Motor Tetangga, Pria Asal Tambak Asri Diringkus Polsek Krembangan Surabaya

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Ani Susanti
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved