Dikawal Jejeran Kapal Tempur, Rekor Muri Menari Gemu Famire Dipecahkan

Rekor Muri Tari Gemu Famire berhasil dipecahkan dengan kawalan jejeran Kapal Tempur milik TNI.

Dikawal Jejeran Kapal Tempur, Rekor Muri Menari Gemu Famire Dipecahkan
SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
Sebanyak 11.140 personel gabungan TNI dan Polri dan keluarga memecahkan Rekor MURI menari Gemu Famire di lapangan Dermaga Madura Koarmada II, Surabaya, Selasa (4/9/2018). Kegiatan pemecahan rekor MURI ini rangkaian menyambut Hari Kemerdekaan RI ke 73 TNI. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Gabungan TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara, Polri, beserta keluarga kompak menari Gemu Famire di Lapangan Dermaga Madura Koarmada II, Selasa (4/9/2018).

Senam pagi bersama itu juga sekaligus memecahkan rekor MURI menari, yakni Tari Gemu Famire yang dilakukan oleh 346 ribu peserta yang dilakukan serentak oleh prajurit dan keluarga di sejumlah titik di Indonesia. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka rangkaian peringatan hari ulang tahun TNI yang ke 73.

"Dari Armada II ini, ada sebanyak 11.280 orang yang terlibat. Dari prajurit dan keluarga. Semua bersama-sama menari tarian Gemu Famire memecahkan rekor MURI," kata Panglima Komando Armada II Laksamana Muda TNI Didik Setiyono usai acara pemecahan rekor MURI.

Yang istimewa dibandingkan tarian serentak di wilayah lain, Panglima Didik mengatakan di Armada II ini cukup menarik. Lantaran tarian serentak dilakukan di tepi dermaga. Lengkap dengan jajaran armada kapal tempur KRI yang berjajar di lokasi pemecahan rekor.

Para peserta tari Gemu Famire bahkan juga disebar berolahraga sekaligus menari dari atas KRI. Beberapa warga sipil dan aparatur sipil negara yang ikut juga mendapat kesempatan khusus berpartisipasi tari Gemu Famire dari atas Monumen Jalasveva Jayamahe.

Gemu Famire sendiri merupakan tarian dari lagu asal Flores, Nusa Tenggara Timur. Gerakan tarian ini sederhana dan mudah digerakkan serta bisa menjaga kebugaran tubuh.

Lebih lanjut, Didik mengatakan aksi semangat berolahraga bersama ini membawa semangat yang satu. Selain kekompakan juga kebersatuan.

"Kami ingin bersama membangun kebersamaan. Saat ini mendekati tahun pemilu, kita semua harus solid mengamankan pemilu ke depan," tegas Didik.

Hal senada juga disampaikan oleh Kadispenkoarmada II Letkol Laut Suratno mengatakan lagu Gemu Famire yang memiliki syair serta irama musik yang sederhana ini telah banyak dikenal oleh masyarakat dan menjadi fenomena khususnya di instansi TNI dan instansi lainnya.

"Selain anggota TNI, kegiatan ini juga melibatkan ASN, ibu-ibu jalasenastri, persit Kartika Chandra Kirana, dharma wanita, dan PIA Ardhya Garini," katanya.

Pada kesempatan itu, seluruh peserta pemecahan rekor juga menyimak sambutan Panglima TNI melalui video conference dan menyaksikan penyerahan sertifikat pada peraih medali di Asian Games, dan penyerahan rekor oleh perwakilan MURI kepada Panglima Komando Armada II. (Fatimatuz Zahroh)

Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Mujib Anwar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved