Breaking News:

Ulas Makna Hijrah 1 Muharram, Cak Imin: Hijrah dari Rumah Mertua ke Rumah Sendiri Lebih Membanggakan

Ketua Umum PKB Cak Imin menyatakan, hijrah dari rumah mertua ke rumah sendiri lebih membanggakan, saat mengulas makna hijrah Tahun Baru 1 Muharram.

Penulis: Bobby Constantine Koloway | Editor: Mujib Anwar
Surya/Sutono
Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA – Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar ikut menyampaikan ucapannya pada Tahun Baru Hijriah 1 Muharram 1440 H yang bertepatan dengan Selasa (11/9/2018).

Melalui akun twitternya, @cakimiNOW, pria yang akrab disapa Cak Imin ini menyampaikan penjelasannya.

Pada awalnya, ia meretweet tulisan dari akun milik KHM Luqman Hakim, Pengasuh Ma’had Aly Raudhatul Muhibbin Bogor. Kiai Luqman melalui akun twitternya, @KHMLuqman menulis penjelasan makna Hijrah.

”#Hijrah1440, 1.Hijrah menuju Allah dan Rasul 2. Hijrah dari makhluk menuju Khaliq 3. Hijrah dari kegelapan menuju terang benderang 4. Hijrah dari percaya diri menuju Percaya Allah 5. Hijrah dari akhlak tercela ke akhlak terpuji 6. Hijrah dari budak nafsu duniawi menuju Abdullah,” tulis Kyai Luqman yang kemudian di retweet oleh Cak Imin.

Tak berhenti di situ, Cak Imin turut memberikan tulisan yang seakan melanjutkan penjelasan soal makna Hijrah.

Namun, berbeda dengan penjelasan Kiai Luqman, Cak Imin memberikan penjelasan dengan nada berseloroh. Cak Imin menyebut bentuk hijrah yang membanggakan adalah dengan pindah dari rumah mertua ke rumah sendiri.

”HIJRAH Salah satu hijrah yang membanggakan itu hijrah dari rumah mertua ke rumah sendiri, walaupun rumah itu disumbang mertua #Hijrah1440,” tulis Cak Imin, sebagaimana dikutip Surya.co.id (Tribunjatim.com Network), Selasa (11/9/2018).

Alhasil, tweet suami dari Rustini Murtadho ini pun hingga pukul 20.00 WIB telah dikomentari 18 akun, diretweet 52 kali, dan disukai 107 akun.

Mayoritas komentar memberikan sambutan positif. 

"Yang lebih membanggakan lagi mertua jadi sponsor utama ketika menantunya mau hijrah," tulis Muhlisin Erce melalui akun @Muhlisin_Erce. 

"Untuk pasangan baru nikah boleh, lah Cak," komentar Luthfi Az melaui akun @kadejehkalaok_. 

"Guyonan level rumah tangga, kasihan yang jomblo gagal paham," tulis Sigit Adi melalui akun @sigit_adw. 

Untuk diketahui, hijrah berasal dari Bahasa Arab, yang memang berarti meninggalkan, menjauhkan dari dan berpindah tempat.

Dalam konteks sejarah hijrah, hijrah adalah kegiatan perpindahan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad saw bersama para sahabat beliau dari Mekah ke Madinah, dengan tujuan mempertahankan dan menegakkan risalah Allah, berupa akidah dan syari’at Islam. (Bobby Koloway)

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved