Polisi Ajak Siswa SMP Jadi Kader Patroli Keamanan Sekolah

Para siswa dan siswi SMP diajak oleh kepolisian untuk menjadi kader PKS yang handal.

Penulis: Galih Lintartika | Editor: Mujib Anwar
SURYA/GALIH LINTARTIKA
Para siswa-siswi SMPN 2 Bangil yang tergabung dalam kelompok Patroli Keamanan Sekolah (PKS) saat menerima arahan dari polisi, Jumat (14/9/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, PASURUAN - Para siswa - siswi SMPN 2 Bangil yang tergabung dalam kelompok Patroli Keamanan Sekolah (PKS) tampak sibuk belajar, Jumat (14/9/2018). Mereka belajar tentang materi tata tertib dalam berlalu lintas.

Mereka sedang mempersiapkan diri untuk lomba penilaian PKS di tingkat Provinsi. PKS SMPN 2 Bangil ini terpilih sebagai enam sekolah yang akan dinilai.

Mereka akan bersaing dengan enam sekolah dari kabupaten dan kota lainnya di tingkat Provinsi.

Selain belajar soal materi, mereja juga sibuk berlatih baris - berbaris. Mereka juga melakukan latihan 12 gerakan senam lalu lintas.

Kasatlantas Polres Pasuruan AKP Eko Iskandar mengatakan, PKS ini diharapkan bisa menjadi pembibitan anak - anak agar bisa tertib dalam berlalu lintas.

Pihaknya memang mengajak generasi muda untuk ikut jadi kader PKS. Kenapa, mumpung masih muda, jadi karakter dan budaya tertib berlalu lintas bisa terbentuk.

"Kami berharap, agar ini bisa mengurangi angka kecelakaan. Jadi, bukan hanya penindakan, tapi kami gencarkan sosialisasi dan penanaman budaya tertib berlalu lintas sejak dini," jelasnya.

Mantan Kasatlantas Polres Tuban ini pun juga menambahkan bahwa jadi kader PKS bisa membuat anak - anak tidak terjerumus dalam hal atau pergaulan negatif.

"Bisa menyelamatkan anak bangsa. Usia mereka kan masih labil, khawatir salah pergaulan bisa terjerumus narkoba. Nah, kalau ikut PKS kan anak - anak bisa belanar dan melakukan hal yang bermanfaat," pungkas AKP Eko Iskandar. (Galih Lintartika)

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved