Breaking News:

Rumah Politik Jatim

Ikuti Yenny Wahid, 70 Kiai Muda di Madiun Raya Deklarasi Dukung Jokowi-Ma'ruf Amin

Sebanyak 70 Kiai Muda di Madiun Raya mendeklarasikan dukungan ke pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin, untuk mengikuti pilihan Yenny Wahid.

Penulis: Rahadian Bagus | Editor: Mujib Anwar
SURYA/RAHADIAN BAGUS
Kiai Muda yang tergabung dalam komunitas Pecinta Gus Dur di Madiun Raya, saat mendeklarasikan dukungan terhadap pasangan Jokowi-Ma'ruf, Senin (1/10/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - Sebanyak sekitar 70 Gus atau Kiai Muda di wilayah Madiun Raya mendeklarasikan dukungannya terhadap pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf Amin, Senin (1/10/2018).

Koordinator Pecinta Gus Dur Madiun Raya, Abdur Rouf Thohiry, mengatakan, gerakan ini terinspirasi keputusan politik Yenny Wahid, anak kedua Presiden Ri ke-4 Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, yang telah resmi mendukung Jokowi-Ma'ruf.

Menurutnya, beberapa waktu yang lalu, sekitar 1.500 Kiai Muda se-Jawa Timur menggelar deklarasi menyatakan dukungan terhadap Jokowi-Maruf di Surabaya.

Sementara itu, di wilayah Madiun Raya ada sekitar 70 Kiai Muda yang merapatkan barisan pada gerakan Pecinta Gus Dur untuk mendukung Jokowi-Ma'ruf.

"Ada sekitar 70 kiai muda yang tergabung dalam Pecinta Gus Dur ini tersebar di Ngawi, Madiun, Magetan, dan Ponorogo,"  ujarnya, saat pernyataan deklarasi dukungan terhadap Capres dan Cawapres nomor urut 01, di kafe The Camiland, Kota Madiun, Senin (1/10/2018) sore.

Dihadapan Ribuan Kader PKB, Cak Imin: Pilih Jokowi-Maruf Amin Bisa Khusnul Khotimah

Sering Dibilang Sudah Tua Kok Masih Nyalon, Ini Jawaban Cerdas Maruf Amin saat Kampanye di Jember

Pria yang akrab disapa Gus Rouf ini menuturkan, tidak sekedar menggelar deklrasi dukungan saja, para gus yang tergabung di komunitas Pecinta Gus Dur akan turun langsung ke basis massa di kampung-kampung.

Pihaknya akan menyasar para pemilih pemula atau kalangan milenial.

Pengasuh Pondok Pesantren Selo Puro Madiun ini menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya akan berkonsolidasi dengan tim pemenangan Jokowi-Maruf guna memaksimalkan perolehan suara di Madiun dan sekitarnya.

"Kami mendukung keputusan Mbak Yeni. Yenny Wahid merupakan orang yang paling paham dengan cita-cita Gus Dur untuk menjadikan Indoneisa lebih sejahtera. Yenny Wahid juga memiliki track record yang luar biasa, sudah banyak makan asam garam perpolitikan di Indoensia," ujarnya.

Hasil Survei LSI Denny JA: Pasca Ijtima Ulana 2, Dukungan Kaum Nahdliyin ke Jokowi-Maruf Meningkat

Sementara itu, Kiai Muda dari Ngawi, Muhammad Choirul Fuad, yang ikut dalam deklarasi, mengaku mendukung Jokowi-Ma'ruf karena melihat kinerja Jokowi yang telah memberikan bukti.

Selain itu, Jokowi berpasangan dengan Ma'ruf Amin yang merupakan sosok kiai dan bisa menjadi penyeimbang dalam setiap kebijakan pemerintahan.

Gus Fuad menuturkan, bentuk dukungan para gus ini diwujudkan dengan mengkampanyekan Jokowi-Ma'aruf di kalangan nahdliyin dan kalangan millenial.

Selain itu, ia dan para kiai muda akan membentuk pasukan media sosial untuk mengkampanyekan Jokowi-Ma'ruf.

Bahkan, kata Gus Fuad, pihaknya sudah mulai melakukan sosialisasi atau kampanye di kalangan pemilih pemula sejak Yenny Wahid menyatakan sikap mendukung Jokowi-Ma'ruf.

Sekjen PKB Tiba-tiba Diganti Menaker Hanif, Pengamat: Bisa Timbulkan Sinisme Masyarakat

"Dalam kampanye tersebut, kami akan menyampaikan kepada masyarakat secara jujur. Tidak ada hoax yang disampaikan pada saat kampanye. Itu menjadi salah satu pemikiran Gus Dur," imbuhnya. (Rahadian Bagus)

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved